HARDJONO WS LUMPUH

Seniman Jawa Timur, Hardjono WS, tergolek lumpuh di Rumah
sakit (RS) Prof Dr Soekandar, Mojosari, Mojokerto, sejak Rabu (24/9). Kini
kondisinya sudah membaik dibandingkan sebelumnya.

Menurut Marwiah Derang, istrinya, tiba-tiba kondisi Hardjono
drop. Penyakit yang diderita seniman musik, teater, perupa, penulis drama
anak-anak, skenario film belum diketahui.

Pria berambut putih yang dulu bermukim di Surabaya dan kini menetap di
jatidukuh,
Pacet, Mojokerto, belum bisa bicara sama sekali. Tersiarnya kabar Hardjono
sakit itu datang dari Gito, seorang perupa yang juga banyak bekerja sama dengan
Hardjono dalam mengerjakan seni relief untuk bangunan atau gedung baru.
Pengelola jaringan seniman Mojokerto, Abdul Malik menerima kabar pada Kamis
(25/12)
sekitar pukul 22.56.

“Malam itu juga saya bersama teman-teman seniman datang ke
RS dan kondisi Pak Har cukup memprihatinkan. Saat itu juga kami membentuk tim
untuk penggalangan dana yang diharapkan dapat membantu meringankan beban
keluarga,” kata Malik.

Dukungan dan kabar itu langsung disebar melalui SMS ke
beberapa seniman, pecinta seni, lembaga kesenian lainnya. “kalau ada yang
bersimpati, bisa diteruskan ke rekening atas nama Abdul Malik, Bank Mandiri
Mojokerto nomor 142 000 471 0868,”ujarnya.

Setelah informasi disebar, Jumat (26/12) sejumlah sahabat
dan seniman pada berdatangan melihat kondisi Hardjono. (gim)

SURABAYA
POST, SELASA, 30 DESEMBER 2008 HALAMAN 8.

www.surabayapost.co.id

HARDJONO WS TENTANG HARDJONO WS

Ayah saya RW Sotrisno dan ibu saya Rr Roekminiwati melahirkan saya di kota
Bondowosa tanggal 11 maret 1945 dengan surat akte kelahiran nam saya lengkpnya
R Soehardjono.Ketika ayah saya sakit keras,saya minta ijin untuk mengganti nama
R Soehardjono menjadi hardjono Wiryosoetrisno disingkat menjadi Hardjono
WS.sejak kecil saya memang suka berkesenian dan berjalan jalan.Tahun 1970 masuk
Akademi senirupa surabaya,setelah dua tahun di sumatera selatan kuliah di
fakultas hkum tidak selesai dan pendidikan gru selesai.Awalnya giat di
senirupa,kemudian
aktif menulis dan yakin sebagai penulis tahun 1972 sampai sekarang. Perteama
kali membentuk teater anak anak di Surabaya
tahun 1972, apalagi setelah tiga naskah anak anak karya saya menjadi pemenang
di Dewan Kesenian Surabaya.
Di Surabaya dikenal sebagai The Camp di bidang penulisan mulai dari menulis
puisi, cerita pendek,naskah teater dan televisi,dongeng sampai televisi,dongeng
sampai novel mendapat nomor utama baik di tingkat regional maupun nasional.

Dari tahun 1972 sampai tahun 1995 selalu mendapat hadiah dari sayembara
penulisan.

1.”Adakah
suara malam ini” puisinya juara jawa timur versi Dewan Kesenian surabaya.

2.Tiga
naskah teater anak anak juara jawa timur versi Dewan Kesenian surabaya.

3.Tiga
naskah teater anak anak juara nasional versi Dewan Kesenian Jakarta dan
Pengembangan kesenian di jakarta.

4.Dua
naskah teater dewasa juara nasional masing-masing versi Pengembngan Kesenian
dan kebudayaan dan PGI di jakarta:
Pasar,Pabrik.]

5.naskah
televisi juara nasional versi TVRI surabaya.

6.”Anak
kecil bermain main dan biarkan saja””juara nasional versi sebuah harian di
jakarta.

7.Naskah
teater anak anak dan remaja juara jawa timur versi departemen pendidikan dan
kebudayaan jawa timur di surabaya.

8.dua
naskah cerita pendek juara jawa timur versi Dewan Kesenian Surabaya.

9.Naskah
Dongeng juara indonesia
versi BP7 Pusat jakarta.

10.Naskah
novel [cerita bersambung] Titik akhir juara indonesia versi harian Suara
Pembaruan di Jakarta.

11.Dua
naskah drama menjadi pemenang dalam Lomba penulisan naskah drama remaja oleh
taman budaya jawa timur.

Saya
menggarap teater anak anak mulai dari kelompok Kelinci [1972-1983],teater Panti
Asuhan Don Bosco[1983-1990] dan teater Ponakan [1992-1995] selalu dengan naskah
saya sendiri, dan naskah asing yang saya adaptasi sendiri misalnya Heidi dari
penulis Jerman, Le petit Prince dari penulis perancis dan Pak kampret yang
jempolan karya penlis jerman dan sempat pentas di beberapa desa terpencil.

Sebagai
seorang yang senang berorganisasi saya pernah

a.Tiga
periode menjabat anggota Dewan Kesenian surabay biro sastra kemudian biro
teater dan film.

b.wakil
ketua pengurus KEPAL [Kelompok pecinta anak dan lingkungan]

c.wakil
keta lembaga bantuan buku di surabaya

d.menjadi
ketua Yayasan ibunda [yayasan anak dan remaja]

e.pernah
menjadi penanggung jawab sekaligus pembawa acara Bina teater di TVRI Surabaya
sekitar 4 tahun.

f..saat
ini menjadi Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Mojokerto.

Dan
sudah tentu tak terhitung lagi bermain atau sebagai penulis naskah di panggung
maupun televisi bersama anak anak maupun dewasa.

Daua
penghargaan telah diterima masing masing dari Lembaga Indonesia Amerika lewat
Dewan Kesenian jakrta berupa award khusus teater dan dari Diretorat
pengembangan kesenian dan kebudayaan di jakarta.
Sebuah naskah anak anak karya saya yang berjudul Layang layang diterbitkan
UNESCO bersama empat belas pengarang asia pasifik mwakili penulis teater anak
anak di indonesia.

Sampai
sekarang terus menulis,menggarap teater anak anak dan berkarya patung karena
studi
formalnya dari seni rupa.Saat ini sedang menekuni program Kebun Kreatif yaitu
belajar mendongeng,menulis,baca puisi,drama anak anak di desa jatidukuh
kecamatan gondang kabupaten mojokerto jawa timur.

Baru
saja 30 guru taman kanak kanak dari kota
mojokerto ikut program Kebun Kreatif.

Nah
amat banyak yang saya reklamekan tentang diri saya, tetapi begitulah memang
nyatanya. Semuanya saya buat dengan sebenarnya dan saya harap sampeyan
mempercayainya.

Salam
hangat saya,

Hardjono