Apakah begitu penting waktu sekian lama yang sudah terlewat ini. Aku merasa
belum mempergunakan waktu sesuai dengan tujuanku, apalagi tujuan yang
diinginkan segala di luarku… Terkutuklah untuk segala tujuan, karena semuanya
menginginkan darah dariku! Hidup pada momen ini… memperlambat tempo kehidupan
agar perhatian penuh dan ketenangan terserap oleh diriku… Apalah arti sebuah
belenggu yang begitu halus? Apalah artinya sebuah ketegangan konsentrasi untuk
mencapai sebuah hasil? Segalanya saling terkait, aku dapat mengatakan tidur
nyenyaklah yang diperlukan ketika kerumunan orang berebutan jalan mencapai
tujuannya… karena di dalam tidur, aku sedang bekerja dalam tujuan, bukan menuju
tujuan… Jenis tujuanku dengan orang banyak sangat berbeda. Untuk segala yang
paling konkret, sebuah piala emas akan membuat orang banyak saling menggigit
dan mencakar, seperti keributan dan perkelahian kucing – kucing rakus di atap
rumah waktu tengah malam, dimana
 kemudian tubuh mereka jatuh bergulingan ke selokan. Hanya saja pada manusia
sebuah polesan disemirkan, agar berbau lebih manusiawi. Jangan sekali – kali
katakan kepadaku bahwa materi membuatmu merasa aman, ini dikarenakan roh telah
memanjakanmu. Dengan demikian engkau melihat kedalaman dari rasa aman itu, dan
suatu hari kedalaman tersebut akan berbalik menipu dirimu lalu mengatakan pada
pikiran bahwa itu adalah pengetahuan sejati… apalagi sampai merayap keluar dari
mulut! Saudaraku, ada piala emas yang seharusnya engkau cari dalam pikiranmu…
Perjalanan ini tidaklah mudah, karena engkau akan menemukan musuh yang terkuat
di dalam dirimu sendiri.

Katharsis - holydiary (07102005-10: 12)
http://katharsis-holydiary.blogspot.com
http://daily-spiritualstory.blogspot.com