Pada hari Rabu, 05 Januari 2005 09:55, Hendry Ong menulis:
>  Intinya seperti ini.
> Misalkan domain andi.net mati karena satu hal,
> maka dns dan mail server-nya akan diback up
> oleh server di budi.net. Demikian pula sebaliknya.
>
>  Kira-kira bagaimana saya bisa menjalankan
>  keinginan saya ini?

Sori untuk yang lain kalau bahasanya jadi teknis banget.

Untuk DNS:
Andi.net dibikin primary DNS, lalu bikin secondary (kalau bahasa BIND disebut
SLAVE) di B
budi.net dibikin primary DNS, lalu bikin secondary (kalau bahasa BIND disebut
SLAVE) di A
Jangan lupa, NS Record diberikan 2 entry, yaitu ip-nya A dan IP-nya B.

Setelah berjalan baik, daftarkan di registrar kedua NS tersebut.

Untuk Mail :
Masukkan andi.net di rcpthosts mail server B
Masukkan budi.net di rcpthosts mail server A
Selain qmail, mungkin *bahasa*-nya bukan rcpthosts

CMIIW.

Thanks to dalnet:#indolinux
More questions: tanya-jawab@linux.or.id

--
Salam,

Adi Nugroho
PT. iNterNUX -- Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53-J Makassar
Tlp. +62-411-834690 - Fax. +62-411-834691