Pada hari Selasa, 18 Januari 2005 11:12, Peria Tarmizi menulis:
> 1.  Dalam Jaringan yang menggunakan kabel UTP isi 8
>     sebenarnya yang digunakan berapa kabel, dan

4 kabel.

>     seandainya ada yg gg terpakai, bisa menjadi
>     pengganti kabel yg putus tersebut.

Tidak standard sih (tentu saja), tapi bisa koq.

Usul saya, beri tanda yang jelas pada kedua ujung kabel bahwa khusus kabel
tersebut pemasangannya tidak standard, agar tidak membingungkan di kemudian
hari. (siapa tahu besok-besok kita jadi boss, urusan tarik kabel khan bisa
didelegasikan dengan mudah, ya nggak)

> 2.  Sekaligus mohon pencerahannya mengenai posisi
>     kabel yg tidak terpakai tersebut pada Connector
>     RJ45

Pin 1,2,3 & 6 terpakai. Mestinya sih warnanya putih orange, orange, putih
hijau dan hijau.

Sisanya terserah. Selamat mencoba.

--
Salam,

Adi Nugroho
PT. iNterNUX -- Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53-J Makassar
Tlp. +62-411-834690 - Fax. +62-411-834691