pada dasarnya semua modem router ADSL bisa mode bridge.
ada banyak contohnya micronet, prolink hurricane 9000P, vigor
2500/2600/we, Aztech, speedstream 5660,zyxel 650 R31/650H,cisco 800
series,alcatel. ada juga paradyne dan beberapa modem yang menampilkan
keunggulan seperti anti petir, saya lupa nama yang anti petir ini.

speedstream ada beberapa seri dipasaran 5100,5200,4060 dan 5660. yang
masuk klasifikasi stabil ya yang 5660 itu, dan ini juga yang cepet
panas. kecuali 4060, speedstream yang lain cukup untuk residensial..
lumayan. asal jangan dipanteng 24 jam. 1 x 24 jam selama 2 tahun ini
yang masih hidup tanpa rewel ya zyxel ini, kalau vigor 2500 setelah 6
bulan hidup terus menerus drop. vigor 2600 setelah setahun sempet saya
reset sekali. speedstream 5660 sering:-)

untuk modem speedstream 5660. ketika setting PPP, otomatis
encapsulationnya VCmux. jadi tidak bisa diaplikasikan untuk jaringan
ADSL dengan nomor 121xxx1xxxxxx yang notabene menggunakan LLC.

lbh jauh tentang modem ADSL bisa japri pak, soalnya sy baca d aturan
milis, kalau sudah terpusat topiknya dan beberapa orang saja, harus
dipindah ke japri. jadi saya mau mentaati peraturan milis.

johan eko prasetio
:: kuli ADSL ::