Sebtu, Tgl 21 Mei 2005, jam 09:13:15
dedy ubaydillah nulis:

> Saya Mau tanya seputar linux..mudah mudahan banyak yang bisa jawab...

> 1. Linux apa yang bagus / mudah untuk warnet (Redhat 9.0 / Fedora
> Encore 2 / Mandrake 10 atau ada yang lain, mohon
> petunjuknya)

Tidak ada distro Linux yang terbaik.. Semua distro punya kelebihan dan
kekurangan.. Ada yang stabil tapi dukungan hardware kurang, ada juga
yang dukungan hardware bagus tapi tidak stabil, ada juga yang memakai
berbagai macam software terbaru tapi tidak stabil alias masih dalam
pengembangan untuk versi komersialnya..

Saran saya, karena warnet gak mungkin membeli distro komersial, gunakan
saja distro gratis yang mempunyai komunitas yang banyak, agar jika terjadi
kesulitan yang membantu banyak..

Untuk Redhat 9.0 sudah tidak disupport lagi Redhat Inc, jadi gunakan
saja fedora core atau Mandrake Linux. Cukup banyak komunitasnya.

> [...]
> di 3 pc ( hanya buat perbandingan ajah, sepertinya gak
> terlalu masalah karena langsung bisa browsing LAN saya set DHCP )
> tapi kenapa saya selalu kesulitan dengan Yahoo Messenger,
> MSN Chat dan Mirc. Memang ada Xchat (irc) tapi banyak yang
> bingung karena gak bisa masuk room (#) Jakarta dsb......dan
> untuk YAHOO Massaneger, saya sudah donload yang untuk RH 90 tapi
> tetep ajah ada masalah, saya tidak bisa masuk room dan
> banyak fitur yang yang tidak ada. seperti Yahoo Massanger Ver 6.0
> , dan MSN saya gak tau dimana mau ambil distronya ?

Untuk irc coba pakai Kirc saja.. Trus MSN, AIM atau Yahoo Messenger
silakan pakai Gaim.. Multi messenger..

karena pemakai linux masih belum banyak, mungkin Yahoo! masih belum
mengembangkan Yahoo! Messenger for Linux sehingga setara dengan Yahoo Messenger
6.0

> 3. Billing apa yang bisa di gunakan untuk Linux ? bagaimana dengan trustcafe ?

kurang tahu

> 4. Mohon petunjuk step by step untuk melakukan clone Linux dari
> HD ke HD. (baik menggunakan Norton ghost 2003 atau yang
> lainnya)

Untuk nge-ghost Linux, perlakuannya mirip dengan windows NT family (WinNT,2k,XP)
oleh karena itu hardware harus benar² identik..

--
Wassalam,
M.Kurniawan