On Sat, 2005-07-09 at 08:37, IMade Sriardana wrote:
> Klo bisa untuk tuning squid, juga di perhatikan hd nya...
> kata teman saya neh, hd-nya harus di pisah sama hd sistem..
> klo mau yang bagus, pake sata ato raid sekalian...
> pokoknya harus di pisah deh katanya...
> trus file sistemnya klo bisa harus reiserfs... itu berpengaruh katanya...

IMO, latar belakang: cache server akan banyak menyimpan file-file gambar
yang kecil ukurannya tetapibanyak jumlahnya, default di squid.conf besar
maksimum file/object di cache adalah 1 MB.
reiserfs, salah satu filesystem dengan system journaling, akan lebih
cepat menulis file-file kecil ke HD.
dari beberapa referensi di Internet (keyword di google "linux squid
tuning", saya lupa URL nanti akan di post kalau sudah ingat),

* pada saat membuat filesystem, gunakan hash r5,
   #mkreiserfs -h r5 /dev/hdb1      (misal di secondary IDE partisi
pertama)

* pada saat mount, gunakan pilihan noatime dan notail (akan menghemat
waktu tulis SETIAP file 1 kali)
edit file /etc/fstab sehingga mount untuk cache dir menjadi :
   /dev/hdb1        /usr/disk2       reiserfs    notail,noatime    0  0

kenapa ya? ada yang tau gak kenapa harus reiserfs? klo sata ato raid sih
jelas..
> karena putaranya lebih cepat untuk baca dan tulis cache...

Oh ya, semakin cepat HD akan semakin baik, karena IO tidak terhambat.
Yang dimaksud mungkin SATA atau SCSI ya ?
SCSI tetap yang terbaik.
Kalau penggunaan RAID di cache server rekomendasinya justru tidak
digunakan.
(google, URL lupa juga akan saya coba cari lagi).

Tks,
Jo