Jumuwah, Tgl 19 Agst 2005, jam 03:57:24
<[EMAIL PROTECTED]> nulis:

> Saat ini warnet saya baru saja migrasi dari Windows ke
> Linux (2 komputer Fedora, 8 komputer Ubuntu) dan
> berhasil dengan baik. Namun demikian saya kesulitan
> mencari printer yang kompatibel untuk Linux.
> Sebelumnya printer yang saya pakai adalah Canon Pixma
> IP 1000.

Sip deh....

> Mohon bantuan informasi:
> 1. Apakah printer Canon Pixma IP 1000 memang tidak
> bisa jalan dengan OS Linux.

Ada drivernya tapi seperti yang pernah ditulis oleh mbak mia yang
cantik :), harus beli seharga 30 Euro.. Mahal banget...

> 2. Apa saja Printer lain yang kompatibel untuk linux
> (terutama yang harganya terjangkau dan biaya
> operasional ekonomis). Saya pernah menanyakan ke
> beberapa toko di Mangga II namun kebanyakan mereka
> juga tidak tahu printre yang kompatibel tersebut.

Coba sampeyan pakai printer merk HP 3xxx, yang terbaru 3744/3745, bisa
pakai drivernya 3xxx.. Printer HP disupport oleh Unix/Linux, sebab HP
juga bikin OS sendiri yang berbasiskan POSIX entah namanya apa saya
lupa.. Untuk harga cukup terjangkau sekitar di bawah 500 rb, dan
cartridge-nya gandeng sama headnya.. Jadi kalo headnya rusak tinggal
buang aja cartridgenya dan beli baru.. Dan bisa disuntik ulang juga
lho.. harga cartridge type ini masih wajar, walaupun gak semurah canon
dan Epson.. Tapi kalo mau nge-print teks, bikin aja mode draft. Masih
sangat jelas kok..

--
Wassalam,
M.Kurniawan