MEnurut saya sih pertanyaan yang mudah tapi jawabannya yang susah........:P
Defaultnya ga ada password rood..........karena user yang dibuat memiliki
hak akses admin, jadi pakenya sudo

dengan sudo anda bisa buat password root sesuka anda.Untuk lebih jelas
tentang sudo silahkan ketikkan "man sudo" pada konsole
Dari pada harus mengkonvert paket rpm ke deb saya sarankan anda download
versi debian saja, karena juga tersedia..........untuk instalasinya tinggal
dpkg -i  namapaket.deb
Untuk merubah dari gnome ke kubuntu untuk versi dapper lebih mudah
dilakukan, Anda bisa masuk ke situsnya ubuntu untuk tau elbih
detail.Ataubiar ga susah ya pake kubuntu saja yang sudah di set
default theme nya kde.