model windows 2000/20003 server yang di share trus bisa di remote dari
computer lain sih selain harus beli lisensi windows 2000/2003
server-nya, setahu saya juga harus beli lisensi terminal client-nya,
hehe sama juga boong ya.. ujung2nya tetep mahal tuh.

kalau di beberapa kantor sih, saya coba implementasi model:
beberapa pc memang tetap pakai OS windows karena kebutuhan akan
windows ini sudah cukup tinggu, tetapi karena tuh perusahaan gak kuat
beli lisensi banyak2. Maka tugas saya ya nge-desain kebutuhan mereka,
sehingga yang gak butuh2 bangat ya gak perlu dipakaikan OS windows.

ternyata ada divisi yang pakai software di windows jarang2 (software
dari perusahaan lain dan hanya dibuat versi windowsnya), maksud saya..
selain software tersebut ya cuma pakai untuk browsing, email, dsb.
Jadi di linux bisa digantiin dengan firefox, thunderbird, openoffice, dsb.
Nah divisi tersebut ada 10 PC, lalu saya pasang 1 linux sebagai server
dan pasang 2 OS windows disitu. Dari 10 PC tersebut kalau butuh pakai
software yang ada di windows, hanya cukup remote ke salah satu dari 2
OS yang udah di pasangin VNC Server :)
Hasilnya sip bangat.. cukup beli 2 license windows, 10 PC bisa
menikmati asal gantian saja :) toh karena mereka juga sekali2 pakai
software itu

Mungkin teknik ini bisa diterapkan di warnet, tetapi saya rasa agak
susah.. ide ini lebih cocok diterapkan pada kantor pada kasus diatas.

teknik lain ya pakai wine atau crossover office :)

salam,
Yudi Wijaya
0856-1022800