Halo, mau urun saran aja, mudah2an bisa jadi masukan.

Kebetulan kita juga lagi mau tambah daya & pasang baru. Kemarin dapat
gambaran peng-asumsi-an kebutuhan listrik, diajarin sama pak PLN.

Kira-kira 1 komputer itu kebutuhannya 1 ampere, jadi kalo dikali
220Volt, dapetnya 220watt.

AC 1 PK disetarakan dengan 1000 watt.

Jadi kalo mau hitung keperluan minimum, utk amannya harus dihitung
(jumlah komputer x 220 watt) + (jumlah PK AC x 1000 watt), nah
kira-kira 10.620 watt. Itu adalah hitungan umum dan supaya leluasa.

Kalo kulkas, setau saya kulkas2 rumahan saat ini wattnya kecil, sudah
60watt-an, dan kipas ceiling pun kecil. Jadi total bisa dianggap
100-150 watt. jadi batas amannya sebaiknya listrik Anda 11.000 watt.

Biasanya warnet suka membagi2 di MCB ya, dari satu meteran jadi
beberapa MCB gitu. Itu jadi salah satu alternatif biar saat listrik
turun, tidak semuanya mati.

Alternatif kedua, ya kalau ternyata watt-nya kurang, mau ngga mau Anda
musti tambah daya, atau pasang account baru.

Kalau bisa pasang account baru, saran saya lebih baik pasang account
baru. Supaya beban listrik dan (terutama) biayanya bisa terbagi,
karena semakin besar watt-nya, daya minimum yg hrus dibayar juga
semakin tinggi, trus kalo ga salah itungan biaya per-KWH-nya juga
beda. Tapi mungkin yg lain ada masukan lagi.

salam,

mia

--- In asosiasi-warnet@yahoogroups.com, "julikarya2003"