Bunda, mohon kiranya surat ini diteruskan ke pak KK.
  Terima kasih.

  Pak Kusmayanto YSH,
  Saya sangat bergembira dengan migrasi komputer di kantor Ristek ke open
source. Distro Nusantara yang dikembangkan oleh Ristek sangatlah positif
walaupun mungkin belum tersebar di daerah. Saya yang di Jawa Tengah juga belum
mendapatkan cd distro itu. Alangkah baiknya kalau launching distro Nusantara
diikuti dengan serangkaian tour untuk lebih mengenalkan distro itu. Maafkan
saya kalo tidak menggunakan kata IGOS Nusantara karena pemahaman saya IGOS
merupakan payung nasional bagi keseluruhan distro lokal dan merupakan upaya
untuk migrasi ke open source. Jadi bukan merupakan merek sebuah distro.
  Alangkah baiknya kalo Ristek mau turun ke daerah karena di daerah masihlah
banyak pengembang distro lokal yang patut mendapat perhatian dan dukungan dari
Ristek. Rata-rata pengembang daerah itu mengalami kesulitan untuk melakukan
riset karena riset itu kan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Negara kita
sebenarnya bias dengan cepat pindah ke open source kalo semuanya bersatu.
Sebuah usul pak, Ristek sebaiknya menjadi payung bagi seluruh distro lokal
bukan hanya menjadi payung bagi distro yang dihasilkan oleh Ristek sendiri
karena pada kenyataannya sebagian besar wilayah nusantara belum tahu dan tidak
mengenal apa itu distro Nusantara.
  Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

  Salam
  Deddy
  Seorang rakyat