--- In asosiasi-warnet@yahoogroups.com, "Ihsan Muhadjirin"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
sosial ini. Saya jg terkadang tdk mengerti, beberapa kali posting gak
nongol-nongol. Setahu saya apa yg saya sampaikan tidak bertentangan
dengan tatib. Justru belakangan yg gak ada kaitannya sama fungsi milis
ini malah di approved spt " Dana dari Vendor" atau yg memanfaatkan
forum ini untuk jualan ......

> Ada belasan moderator yg mempunyai hak untuk meng-approve atau menolak
> sebuah posting.  Pertimbangannya tentu tidak mungkin sama 100 %.
>
> Mengenai sebuah posting apakah ada kaitannya atau tidak dengan milis,
> lagi-lagi moderator mempunyai hak subjektif untuk menentukan. Inilah
> konsekwensi logis sebuah milis yang moderated. Semua members tentunya
> diharapkan memahami kondisi ini sebelum dia subscribe.

Yang ini sepertinya memang "harus" dimaklumi oleh semua pihak.
Bagaimanapun juga "moderator juga manusia". Yang penting, bagi yang
postingannya tidak lolos agar tidak "patah hati" begitu saja walaupun
merasa isinya layak untuk diloloskan. Hanya saja yang saya harapkan,
untuk tingkat ketidaklayakan tertentu, moderator bersedia
memberitahukan kepada poster alasan ditolaknya postingan mereka. Saya
yakin kami akan menerima dengan lapang dada. Walau bagaimanapun milis
ini sudah menyumbang banyak hal positif kepada anggotanya.

> Atau barangkali ada keinginan untuk "melepas" milis ini seperti dulu?
>
> :)
>
> Ihsan.

Waduh jangan sampai pak :) Saya sudah lihat puluhan milis yang tidak
dimoderasi. Walaupun anggotanya tidak seberapa (belasan atau puluhan),
bisa lebih aktif dari milis ini karena spam.

Alexander Yulian