clientnya pake os apa mas?? berapa pc? intinya licence yang legal spt MS
windows, 1:1 artinya 1 lisensi untuk 1 pc. bukan 1 cd windows asli lantas
dipake buat beberapa client. itu mah tetep ilegal. kecuali beli lisence tipe
volume license tp kan tetep investasinya lebih besar ketimbang lisensi oem
1:1 tadi.

kalo pengen tahu triknya untuk mengurangi investasi biaya software, ada mas!
1. migrasi ke full opensouce. artinya pake linux dijamin investasinya
rendah.
2. kombinasi os windows, dan aplikasinya pake FOSS. sudah umum dipake buat
yang ketergantungan sama os windows.

kalo opsi pertama dipake, jelas investasinya yang di lihat jangka panjang,
bukan dari sisi biaya kepemilikannya ya, tp investasi SDM yang dimiliki.
jelas harus ada semacam training buat teknisi atau crew agar bisa
menjalankan opsi yang pertama. di sisi lain, kudu mempersiapkan diri untuk
melakukan proses edukasi ke user, selama pelayanan lebih bagus dari pada
saat menggunakan windows saya yakin warnet masih bisa bertahan. seperti yang
di lakukan temen-temen warnet di daerah lain.

intinya saat ini untuk menghindari sweeping adalah: Be Legal. terserah
menggunakan opsi yang mana. mau yang gratis atau yang berbayar. semua
tergantung pada anda. ingat, rezeki kalo halal gak lari kemana
kok...amin....

--
Heru Herlambang
Operational Manager