--- In asosiasi-warnet@yahoogroups.com, "Sadyy" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dengan Hormat,
> Teman2 warnetter, stl googling ke sana kemari sy blm nemu juga
> pengertian yang pasti dari istilah2 : CIR, Rasio (misal Rasio 1:4),
> SLA, dan Burstable.
> Mohon kiranya para ahli diantara warnetter membagi pengetahuan ini ke
> milis. Saya rasa pengethuan ini nantinya berguna bagi kita semua,
> untuk mempelajari setiap penawaran koneksi Internet dari ISP.
> Atas pencerahan temen2 sy ucapkan terimakasih.
> Salam

============
coba jawab deh (kayak ulangan aja :))
setau saya
= CIR (committed information ratio) sering disebut juga rasio (contoh
1 : 4) adalah komitmen bandwidth minimum yang disediakan oleh ISP
kepada pelanggan. Jadi misalkan anda ambil koneksi 256kbps dengan
CIR/rasio 1:4 maka seharusnya anda akan dapet bandwidth paling
jelek2nya 64kbps dan paling bagus2nya 256kbps (ato bisa juga disebut
64kbps BURSTABLE 256kbps). kalo misalnya anda dapetnya lebih kecil
dari 64kbps, boleh komplen tuh ke ISP ybs.

= SLA (service level guarantee) = jaminan ketersediaan bandwidth oleh
ISP. biasanya dinyatakan dalam persen, lebih tinggi lebih bagus.
contoh kalo ISP yang saya ambil cuman berani kasih SLA sampe 95%.
konkritnya jadi begini, sebulan kalau dirata2 30 hari berarti si ISP
jamin dalam sebulan itu 28,5 hari (95% x 30hari) koneksi internet ke
tempat bapak gak putus. kalau misalnya dia putus lebih dari 1,5 hari =
36 jam akumulasi, maka jam ke 37 baru dihitung untuk di restitusi.

koreksi ya kalo salah para sesepuh awari, maklum masih baru -_'

salim
muwardi.net