Kiev Aksan wrote:

> Share dunk cara menegement tenaga kerja buat teman-teman yang masih
> baru dalam mengelola atau yang mau berbisnis di jalur bisnis warnet.
> Kira kira butuh berapa tenaga kerja ( sesuai dengan skala warnet yang
> di kelola ), dan bagaimana pembagian sistem shift kerja mereka,kisaran
> gaji yang di berikan kepada karyawan tersebut, atau mungkin kebijakan
> bonus-bonus yang bakalan di kasih ke operator warnet.

Mungkin saya bisa ceritakan sedikit ttg manajemen personalia di warnetku.

KONDISI UMUM WARNET:

Kondisi infrastruktur:
Warnet torajanet mengoperasikan 1 lantai, yang berisi 24 Meja Client, 10
meja client OS windows, 10 meja client OS ubuntu, dan 4 meja laptop.
Pembagian Shift terdiri dari 3 shift per hari. Pembagian shift
tergantung pada kondisi segmen pasar warnet tentunya (merujuk pada
posting topik yang sama, bbrp bulan yang lalu).

Pembagian Shift:
Shift 1: 08:00-16:00
Shift 2: 16:00-23:00
Shift 3: 23:00-05:00

Jam session:
Jam session terjadi di jam 12 sampai jam 15, kemudian jam 21 hingga jam
2 subuh. Selain itu, masih sepi :((

Tujuan usaha warnet (aspek internal):
Warnet torajanet ingin menerapkan administrasi yang baik, pelayanan
operator yang ramah, dan kebersihan dan kenyamanan warnet. Tujuan usaha
itu mempengaruhi kebutuhan dan manajemen personalia di warnet.

TENAGA KERJA:

Jumlah tenaga kerja:
Operator: 12 orang, 4 sudah diberhentikan :) tinggal 8 orang. Saya kira,
8 sudah angka optimal untuk kondisi warnet kami.
Admin: 1 orang (spesifikasi, seperti pada umumnya admin lah)
Bag. Keu.: 1 orang (Spesifikasi, orang yang bisa dipercaya, karena
mengatur jalur uang keluar. Sy ambil bini sendiri hehe.he.he.)
Bag. Adm.& akuntansi: 1 orang (spesifikasi, anak mahasiswa smtr 5
jurusan akuntansi, IP harus diatas 3,2, he.he.he. biar nggak capek
ngajarinya. Dia yang mengatur administasi operasional, dan mengatur
jalur uang masuk)
Pimpinan: 1 orang (spesifikasi, he.he.he.he. aku nggak tau, karena itu
diriku sendiri, pokoknya membuat perencanaan dan keputusan, mengatur,
mengarahkan personalia serta memotivasi mereka, dan mengarahkan masalah
operasional, serta controlling atau evaluasi atas perencanaan dan
pelaksanaan kerja. Kriteria yang penting: Sabar!!!)

Majamenen operator:
Shift 1 dilaksanakan oleh 1 operator
Shift 2 dilaksanakan oleh 2 orang, operator 1, jam kerja jam
16:00-23:00, operator 2, jam kerja 19:00-00.
Shift 3: dilaksanakan oleh 1 operator

mereka umumnya bekerja 8 jam / hari, kecuali operator 2 di shift ke 2,
bekerja 4 jam / hari.

Operator diambil dari kalangan anak mahasiswa semester akhir, dan
sebagian semester awal. Pertimbangan mengambil anak mahasiswa, adalah,
kemudahan dalam mengarahkan mereka, agar bisa mencapai tujuan usaha.
Mereka lebih mudah diberdayakan daripada anak SMEA misalnya. Tentunya
ini dilihat case by case lho yah.

Sistem penggajian adalah Rp. 35.000/absen, Rp. 10.000 diberikan sebagai
uang harian (transport dan makan), sisanya diakumulasikan untuk
dibayarkan sebagai gaji bulanan. Sehingga, penghasilan mereka relatif.
Yang rajin, dapet duit banyak, yang males, bakal kere he.he.he.

Selain itu, mereka saya izinkan "ngobyek" di warnet kita, sepanjang bisa
menjaga kualitas pelayanan, dan tetap memberikan effect peningkatan
akupansi di warnet kita. Agar mereka mahir ngobyek, mereka saya bagi
dalam beberapa team, team ubuntu, team windows, team blog dan joomla,
team open office, dan team grafis. Hal itu bermanfaat terhadap
peningkatan kemampuan pelayanan mereka saat mereka melayani user. Jika
mereka cerdas, dan kreatif, mereka bisa dapet 2-3 kali dari gaji mereka.
Misalnya, instalasi ubuntu, kami menerapkan tarif Rp. 100rb minusRp.
20rb sebagai biaya listrik dan biaya pengembangan diri (pelatihan, beli
majalah, beli repository, dll).

Kami memberikan fasilitas internet dengan sistem voucher. Agar mereka
menghargai fasilitas tersebut tidak lah gratis, mereka harus memberikan
feedback ke warnet, berupa peningkatan kemampuan mereka. Satu hal yang
perlu dilakukan, terkait hal ini, kontrol pemakaian internet mereka.
buka apa saja. Bagi saya pribadi, palinggggg sebellll sama operator yang
malas. Bisanya cuman chatting dan buka frienster doang. Tipe operator
seperti ini, adalah BENALU bagi warnet. Saran saya, pemilik warnet harus
tegas kepada operator, tidak mau ikut aturan kita, gampang aja....
pecat. cari yang lain, banyak kok yang mau jadi operator, jadi jangan
kuatir. Sampai menemukan operator yang punya loyalitasnya tinggi, bisa
mengikuti apa maunya warnet. kita maintain mereka, dengan memberikan
motivasi dan fasilitas secara bertahap.

Memberikan mereka job untuk belajar, berarti mengalihkan mereka dari
chatting dan browsing yang tidak penting. target mereka, itu salah satu
syarat kalo dia mau bertahan di warnet kita. Salah satu pertimbangan
mengapa saya menggunakan 8 operator (padahal sebenarnya idealnya 4-5),
agar bargaining kita semakin kuat terhadap operator, selain itu untuk
mensiasasi kondisi mereka masih kuliah, terbentur masalah jadwal kuliah.
Toh, operator 4 dengan 8, total biayanya sama kok.

Buat kondisi persaingan yang sehat sesama operator, wajar kalo ada anak
"emas", anak emas berdasarkan kinerja mereka tentunya. Jika ada operator
yang bermasalah, kurangi shiftnya, dengan begitu, berarti berkurang juga
pemasukannya. Reward and punishment itu harus diberlakukan.

cuman, budaya team work harus dibentuk. Satu berbuat salah (tentunya
bukan kesalahan administasi) , semua harus kena. sehingga mereka akan
mikir 1000 kali, jika berbuat salah, karena akan mempengaruhi teman
mereka. Selain itu, berarti ada sistem kontrol dari teman mereka
sendiri. Itu meringankan beban kerja controlling kita sebagai pemilik
atau pengelolah.

Bonus? kasih mereka peluang pekerjaan baru.... seperti yang saya
sampaikan sebelumnya. Jangan kasih mereka ikan, tapi kasih mereka
pancing... biarkan mereka mencari sendiri, dengan syarat, harus
meningkatkan tingkat akupansi warnet kita. kalo nggak, ngapain diberikan
he.he.he.

Segitu dulu masukan saya, mohon kritik dan saran, karena tak ada gading
yang tak retak, dan tentunya banyak rekan-rekan milis yang lebih
berpengalaman daripada saya yang baru beroperasi 3-4 bulan.

Hasanuddin
torajanet