Assalamu'alaikum warrohmatulloh wa barokatuh

Qurban adalah menyembelih binatang yang disyari'atkan dari jenis binatang ternak seperti sapi/ lembu, kambing, domba, dan onta pada hari dan waktu yang telah ditentukan. Yakni ba'da sholat 'Ied pada tanggal 10 Dzulhijjah dan pada 3 hari sesudahnya (Hari Tasyrik).

Qurban dengan Iuran ?
Kalau yang dimaksud, misalkan ada beberapa orang (misal 5 atau 7) mereka bersepakat iuran untuk membeli sapi yang harganya sekian juta untuk berkurban maka ini adalah boleh.

Adapun yang sering terjadi dinegeri kita Indonesia, seperti di sekolah-sekolah, murid-muridnya diwajibkan iuran 5 ribu atau 20 ribu, dsb untuk membeli hewan qurban, maka adalah tidak sah. Sembelihannya adalah termasuk sembelihan biasa/ mubah tidak termasuk qurban.
Qurban diwujudkan dengan uang ??
Maka hal ini, sepengetahuan saya tidak ada contohnya dari Rosululloh, bahwa Beliau berqurban dengan uang. Jika ada orang/ instansi mengatakan boleh berqurban dengan uang dengan alasan ini dan itu, lebih praktis, saat ini ummat lebih membutuhkan uang tersebut, dsb, maka wajib baginya mendatangkan dalil dari Qur'an dan sunnah.

Yang boleh adalah seekor kambing untuk dirinya dan keluarganya, menurut pendapat yang terpilih. Namun, ulama berbeda pendapat dalam hal pengikutan keluarga di sini. Sebagian mengatakan mereka disertakan dalam hal pahala, sebagian mengatakan diikutkan dalam sembelihan itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat dalam majalah "Assunnah" edisi terbaru yang membahas Qurban. Insya Alloh mencukupi.

Tito Abu Muslim al Katuny al Malanjiy

mk_mtwf <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

--- In assunnah@yahoogroups.com, "Azhar Kuntoaji"
<[EMAIL PROTECTED]>wrote:

> Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
>
> Ana ingin bertanya/mohon tanggapan tentang artikel di bawah ini.
Soalnya, di
> kantor ana rencananya untuk Idul Adha esok, seperti biasa ingin
mengadakan
> Qurban. Apakah boleh mengalihkan dana qurban untuk saudara2 kita di
aceh dalam
> bentuk uang?
>
> Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
>

> azhar kuntoaji
> accounting dept
> 79177000 ext.6843
> 0812-9479058
> [EMAIL PROTECTED]

Yahoo! Groups Sponsor
Children International
Give a Child the gift of Hope this Holiday season

· Click Here to meet a Boy
And Change His Life
· Click Here to meet a Girl
And Give Her Hope