assalamu 'alaikum..
Penjelasan mengenai peristiwa isra' mi'raj telah dijelaskan di majalah
assunnah. Berikut ana sampaikan hadits tentang mi'raj nya Rasulullah SAW,
(penjelasan ttg mengimani hadits shahih (mutawatir) sudah dijelaskan oleh
rekan-rekan milist ini).

"Dari anas bin malik, beliau berkata, Abu Dzar menceritakan bahwa
Rasulullah SAW berkata: " atap rumahku terbuka ketika aku di makkah, lalu
turunlah malaikat Jibril dan membedah dadaku, lalu mencucinya dengan air
zam-zam. Kemudian membawa bejana dari emas penuh berisi hikmah dan iman.
lalu ia tuangkan ke dadaku, dan menjahitnya kembali. Kemudian menarik
tanganku dan naik ke langit. Ketika sampai di langit dunia berkatalah
Jibril kepada penjaga langit dunia, "bukalah!" dijawab"siapa ini?" Jibril
menjawab, "Ini Jibril." lalu malaikat bertanya "Apakah kamu bersama
seseorang?" beliau jawab,"Ya dan bersamaku Muhammad." dia berkata,?apakah
dia diutus untuk itu??Jibril jawab,?Ya, bukalah!?

Rasulullah bercerita :ketika kami berada di atas langit dunia tiba-tiba aku
melihat seseorang di sebelah kanan dan kirinya jamaah manusia. Beliau
berkata,?jika dia melihat ke sebelah kanannya dia tertawa dan jika melihat
ke kiri dia menangis.?Beliau berkata,?Dia berkata kepadaku, selamat datang
Nabi dan anak yang shalih.? Beliau SAW berkata,?Wahai Jibril siapakah orang
itu?? Dia (Jibril) menjawab? Itu  Adam dan kumpulan orang yang di kanan dan
kirinya adalah ruh-ruh anak turunannya. Yang di sebelah kanannya adalah
ahli syurga dan yang sebelah kirinya ahlu neraka. Sehingga apabila melihat
ke kanan di tertawa dan apabila melihat ke kiri dia menangis.?

Beliau bercerita kembali; KemudianJibril membawakau naik sampai langit ke
dua dan berkata kepada penjaganya,?bukalah.? Lalu berkata penjaga langit
tersebut seperti apa yang dikatakan penjaga langit pertama, lalu
terbukalah.

Berkata Anas bin Malik,?Beliau menyebutkan bahwa Rasulullah berjumpa Adam,
Idris, Isa, Musa, Ibrahim di langit,tetapi tidak menjelaskan kedudukan
mereka kecuali hanya beliau berjumpa dengan Adam di langit dunia, Ibrahim
di langit ke enam.?Beliau meneruskan ceritanya: Ketika Jibril dan
Rasulullah berjumpa Nabi Idris, beliau (Nabi Idris berkata,? selamat datang
Nabi yang shalih dan saudara yang shalih.?Kemudian beliau berlalu dan aku
bertanya (kepada Jibril), ?siapakah dia?? Jibril menjawab,?Idris? beliau
berkata ?lalu aku berjumpa Nabi Musa dan beliau berkata ,? selamat datang
Nabi yang shalih dan saudara yang shalih..? lalu aku bertanya,?siapakah
dia?? jibril menjawab,?itu Musa? ?lalu aku berjumpa Nabi Isa dan beliau
berkata ,? selamat datang Nabi yang shalih dan saudara yang shalih..? lalu
aku bertanya,?siapakah dia?? jibril menjawab,?itu Isa bin Maryam? ?lalu aku
berjumpa Nabi Ibrahim dan beliau berkata,    ? selamat datang Nabi yang
shalih dan saudara yang shalih..? lalu aku bertanya, ?siapakah dia?? jibril
menjawab,?itu Ibrahim?

Ibnu syihab berkata, Ibnu Hazm mengkhabarkan bahwa Ibnu abbas dan Abu
Habbah Al-Anshari mengatakan, Rasulullah bersabda,?Kemudian aku naik sampai
ke suatu tempat, saya mendengar suara tulisan Qalam.?

Ibnu Hazm dan anas bin Malik berkata, Rasulullah bercerita,?lalu Alah
mewajibkan umatku lima puluh shalat.?lalu berkata.?lalu aku kembali dengan
perintah itu sampai berjumpa Nabi Musa, beliau berkata (Nabi Musa) ,?apa
yang Rabbmu wajibkan terhadap umatmu?? beliau berkata, aku
menjawab,?Mewajibkan mereka lima puluh shalat.?Lalu Nabi Musa berkata
kepadaku,?Kembalilah kepada Rabbmu! Karena umatmu tidak akan mampu
melaksanakannya.? Lalu aku kembali kepada Rabbku dan diringankan
separuhnya. Beliau berkata,?lalu aku kembali menemui Musa dan aku khabarkan
hasilnya. Lalu beliau (Musa) berkata? ,?Kembalilah kepada Rabbmu! Karena
umatmu tidak akan mampu.? Beliau berkata,? lalu aku kembali kepada Rabbku.?
Lalu Allah  SWT berfirman,? Ia itu lima yang sama dengan lima puluh,
ketetapanku tidak akan berubah.? Beliau berkata, ?Aku kembali ke Musa dan
dia berkata,?Kembalilah kepada Rabbmu!? Dan aku katakan ?Aku telah malu
kepada Rabbku.? Beliau berkata,?Kemudian Jibril membawaku naik sampai aku
mendapati Sidratul Muntaha yang tertutup warna-warni yang aku tidak tahu
hakekatnya.?Beliau berkata,? Kemudian aku dimasukkan ke syurga, tiba-tiba
ada kubah-kubah permata (mahligai terbuat dari permata) dan debunya minyak
kesturi (misk).?

Takhrij Hadits.
Hadits ini dikeluarkan oleh :
Imam Bukhari dalam kitab Ash Shalat, Bab Kaifa Furidhatish shalat Fil Isra?
No. 349 dan kitab Ahadits Al Anbiya?, bab dzikru Idris No. 3342, serta
kitab Al Hajj, Bab Ma jaa Fi Zamzam secara ringkas No. 1636.
Muslim, ktab Iman, Bab al Isra? Bi Rasulillah Ila Samawat Wa Fardi ash
Sholawat, No. 413-414, 2/390-393. Lafadz dari riwayat Muslim.
An Nasa?I, kitab shalat, Bab Fardhu shalat wa Dzikru Ikhtilafin Naqilina Fi
Isnadi Hadits Anas bin Malik wa Ikhtilafi al Fadziha No. 448
Ibnu Majah, kitab Iqomatush sholat wa sunnah fiha, Bab Ma Jaa Fi ardhi Ash
sholawat Al khams Wa Muhafazhatu alaiha No. 1399
Semuanya dari Ibnu syihab dari Anas bin Malik.

semoga bermanfaat
wallahu 'alam

wassalamu 'alaikum....

Would you Help a Child in need?
It¿s easier than you think.
Click Here to meet a Child you can help.
http://us.click.yahoo.com/kx_54C/I_qJAA/i1hLAA/TXWolB/TM