pahlawi wrote:

>Assalammu'alaikum warohmatuloohi wabbarokatuhu

Wa 'alaikumus salaam warahmatullahi wabarakaatuh,

>afwan, ana pengin tanya lagi tentang sutroh...
>apakah ada perbedaan hukumnya jika yang lewat di depan kita itu anak kecil ?...
>hal ini sering ana alami di masjid dekat rumah ana, dimana banyak anak
>kecil yang shalat dan kemudian berlari-larian didepan jama'ah saat
>sholat.

Dalam shalat berjama'ah yang menjadi sutrah adalah sutrah yang digunakan
imam. Sebagaimana dalam suatu hadits berikut dari Ibnu Abbas radhiallahu
'anhu (yang artinya):

“Saya datang dengan mengendarai keledai dan saat itu saya sudah ihtilam
(baligh) dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sedang melaksanakan
shalat bersama orang-orang di Mina. Maka saya melewati bagian depan
shaf, kemudian saya turun, kemudian saya membiarkan keledai makan rumput
dan saya masuk ke dalam shaf dan tidak ada seorang pun yang mengingkari
perbuatanku tersebut.” (HR. Muslim)

Akan tetapi dari sisi mengganggu orang shalat tentunya tidak
diperbolehkan. Sepatutnya orang tua yang membawa anak kecil mengikuti
contoh Rasulullah dengan menggendongnya sebagaimana dalam suatu hadits
dari Abu Qatadah radhiallahu 'anhu (yang artinya):

Bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah salat sambil
menggendong Umamah binti Zaenab binti Rasulullah shallallahu 'alaihi wa
sallam. Menurut keterangan Abul Ash bin Rabi`, apabila Rasulullah
berdiri maka Umamah digendongnya dan jika sujud Umamah diletakkannya.
(HR. Muslim)

Allahu a'lam.

--
Ahmad Ridha ibn Zainal Arifin ibn Muhammad Hamim
(l. 1980M/1400H)

Has someone you know been affected by illness or disease?
Network for Good is THE place to support health awareness efforts!
http://us.click.yahoo.com/UwRTUD/UOnJAA/i1hLAA/TXWolB/TM