Sebagian makmum melarang orang yang akan qamat, karena masih ada orang
yang menjalankan shalat sunnah. Tindakan ini keliru, sebab qamat
disyariatkan ketika imam telah datang. Dalilnya dari Abu Qatadah dari

Ayahnya ia berkata: Rasulullah bersabda:

"Apabila telah qamat, jangnlah kamu berdiri sehingga engkau melihatku, dan
engkau wajib mendatanginya dengan tenang." (HR Bukhari: 638)

"Mr. Ng" <[EMAIL PROTECTED]>
03/17/05 08:31 AM
Please respond to
assunnah@yahoogroups.com

"Assunnah" <assunnah@yahoogroups.com>
cc

Subject
[assunnah] Adab Iqamah

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bismillah

Adakah adab iqamah, misalnya harus seijin Imam atau lainnya.

Hal ini saya tanyakan mengingat di Masjid tempat saya berjama'ah sering
kali
terjadi seseorang yang langsung saja menyerukan iqamah padahal masih ada
beberapa jama'ah masih belum selesai mengerjakan shalat sunat. Orang yang
belum selesai shalatnya gampang sekali dilihat mengingat jumlah jama'ahnya

sekitar 20 orang saja.

Jazakumullah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Ibnu Abdul Basir (1948)

What would our lives be like without music, dance, and theater?
Donate or volunteer in the arts today at Network for Good!
http://us.click.yahoo.com/WwRTUD/SOnJAA/i1hLAA/TXWolB/TM