Wa `alaikumus Salaam wa rohmatullohi wa barokaatuh,

Dalil larangan menggambar makhluk bernyawa bisa antum lihat di Kitab
Tauhid (Bab 61 Tentang para perupa makhluk bernyawa), adapun dalil
dilarang memajang gambar makhluk hidup adalah sbb:

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha diriwayatkan bahwa ia telah membeli
sebuah bantal kecil yang bergambar, maka ketika Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam melihatnya, beliau tetap berdiri di
depan pintu dan tidak masuk. Maka aku (Aisyah) pun segera mengetahui
ketidaksenangannya dari wajahnya, maka akupun berkata, "Aku bertaubat
kepada Allah, apakah kesalahanku?" Rasulullah berkata, "Bantal apa
ini?" Aku berkata, "Untuk kau duduki atau tiduri." Maka Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam berkata, "Sesungguhnya para pemilik
gambar ini akan disiksa pada hari kiamat dan dikatakan kepada
mereka, 'Hidupkan apa yang telah kalian ciptakan!' dan sesungguhnya
para malaikat tidak masuk ke dalam rumah yang didalamnya terdapat
gambar." (HR. Bukhari, kitab al-Libaas).

Wallahu a'lam.

Abu SHilah

--- In assunnah@yahoogroups.com, neeta imoetz <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> assalamulaykum warahmatullahi wabarakatuh
>
> mau nanya (maap kalo pernah ada yang nanya),  ada yang tau dalil
> mengenai dilarangnya mengambar atau memajang gambar mahkluk hidup
ga??
> sukron jazakallah atas kesediaan membaca sekaligus menjelaskan.
>
> wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

Would you Help a Child in need?
It is easier than you think.
Click Here to meet a Child you can help.
http://us.click.yahoo.com/0Z9NuA/I_qJAA/i1hLAA/TXWolB/TM