Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

Afwan akhi...
Sebenarnya apa yang disalin akhi Purnomo sudah menjawab pertanyaan
akhi, dengan jelas sekali insya Allah. yaitu :

Pertama : Allah Subhanahu wa Ta'ala menyukai bersin
Kedua : Allah Subhanhu wa Ta'ala membenci menguap

[1]. Untuk yang pertama perintahnya adalah diejelaskan sebagai berikut :

>Masih dalam riwayat Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW
>bersabda :
>"Jika salah seorang dari kalian bersin, hendaklah ia
>mengucapkan 'Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah)' dan saudaranya
>atau orang yang bersamanya mengatakan kepadanya 'Yarhamukallah
>(Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu)'. Jika salah seorang
>mengucapkan 'Yarhamukallah', maka orang yang bersin tersebut
>hendaklah menjawab 'Yahdiikumullah wayushlih baalakum (Semoga Allah
>SWT memberikanmu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu)."

[2]. Sedangkan untuk yang kedua, yaitu yang di benci atau tidak di
sukai Allah Subhanahu wa Ta'ala, perintanya adalah sebagai berikut.

> [...]
>bersabda :

>" Sesungguhnya Allah SWT menyukai bersin dan membenci menguap. Jika
>salah seoarang dari kalian bersin, maka hendaklah ia
>mengucapkan 'Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah SWT)'. Bagi kaum
>muslimin yang mendengar pujian tersebut hendaknya
>mengatakan 'Yahhamukallah (Semoga Allah SWT memberimu rahmat)',
>sedangkan menguap merupakan pekerjaan setan. Jika salah seorang dari
>kalian hendak menguap, maka sebisa mungkin hendaklah ia tahan.
>Sesungguhnya jika salah seorang dari kalian menguap, maka setan akan

Alhamdulillah itu sudah mencukupi dan sangat jelas dan terang sekali
antara perintah yang disukai dan perintah untuk sesuatu yang dibenci
atau tidak disukai, tinggal sekarang kita melaksanakannya.

Wallahu 'alam

> [...]
>Subject: Re: [assunnah] Tanya bacaan saat menguap
>Date: Tue, 12 Apr 2005 07:27:49 -0700
>

>Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh...
>
>Jazaakallah atas masukannya.
>Tapi itu belum menjawab pertanyaan saya. Apa yang harus dibaca ketika kita
>menguap? Saya telah mencari di Hisnul Muslimnya Dr. Said bin Wahf Al
>Qahthani dan Buku Adab Menguap & Bersin nya Ismail bin Marsyud bin Ibrahim
>Ar Rumaih tapi tidak ada penjelasan tentang apa yang harus dibaca saat
>menguap.
>
>Kalo diantara ikhwan akhwat yang tahu mohon sharingnya

Would you Help a Child in need?
It is easier than you think.
Click Here to meet a Child you can help.
http://us.click.yahoo.com/0Z9NuA/I_qJAA/i1hLAA/TXWolB/TM