Semoga ini membantu pemahaman para ikhwah tentang dunia Jin. InsyaAllah
kalimat2 ini saya dapatkan dari tafsir ibnu katsir, ibnul Qoyyim dan buku2
tentang jin.

1.Masyarakat jin itu sama dengan masyarakat manusia (ust Afifi dalam kajian)
2. Bangsa JIN melihat kita dari tempat yang kita tidak pernah mengetahuinya.
3. Bangsa JIN (setan) selalu menipu kita dengan berbagai macam tipuan (baca
TALBIS IBLIS buku karangan ibnul Jauzy)
4. Karena mereka (bangsa JIN yang jahat = setan) memusuhi kita (manusia) yang
kita tidak pernah ketahui keberadanya Musuh kita, Ibnul Qoyyim mengatakan
Sangat layak makhluk yang tidak mengetahui dimana letak musuhnya untuk
berlindung (ISTIADZAH) kepada zat yang mengetahui muSuhnya itu SIAPAKAH LAGI
KALO ZAT ITU SELAIN  Allah. Selain itu Allah mempunyai asmaul husna yang
diartikan mempunyai karakter tentang hal itu sesuai kelaziman nama Allah (baca
Qowaidul Mustla penterjemah Ust Kholid Samhudi).
Maka beliau Ibnul Qoyyim ra. menasehatkan membaca do'a do'a istiadzah pada
permulaan malam dan permulaan siang agar kita tidak dikuasai seharian oleh
bangsa JIN (setan). Insya Allah tentang apa yang dikemukakan penanya selama ini
dalam beberapa buku yang pernah saya baca dan kajian yang ana ikuti tidak
pernah ada tentang tolah bala' (istiadzah pemahan ana terhadap pertanyaan)
menggunakan cara cara seperti itu dalam artian penentuana waktunya.
Afwan kalo ada kesalahan dalam pembahasan ini.

--- [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh
>
> Saya sangat sependapat dengan pak Iwan ini, karena
> saya tidak pernah mau melakukannya dan kalau bisa
> dari rekan milist yang lain bisa menguatkan pendapat
> ini dengan hadist supaya bisa kita juga
> menerangkannya kepada semua orang yang pernah
> melakukannya.
>
> Jazakallahu
>
> Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
>
> Marto

> hadits yang menguatkan
> tidak ada satupun ayat dari
> Ini hanya mengikuti
> dinamisme, bahwa sebuah

> [...]

http://mail.yahoo.com

Would you Help a Child in need?
It is easier than you think.
Click Here to meet a Child you can help.
http://us.click.yahoo.com/0Z9NuA/I_qJAA/i1hLAA/TXWolB/TM