Assalamu'alaikum ila akhiina Abi Shilah Muhammad Aryo al jakarti al malanjy wa
rohmatullohi wa barokatuh

Hanya saja selama saya belajar samapi sekarang saya belum mendapati hadits yang
berkaitan dengannya.
Maksud saya: hadits di mana kedua calon bertanya scr langsung kepada pihak yang
dituju (baca diproses).

Hanya saja ia boleh mencari informasi itu dari pihak yang dipercaya.
Sebagaimana halnya seorang shohabiyah Fathimah bintu Qois -radhiyallohu 'anha-
yang dilamar oleh dua orang sahabat, yaitu Abu Jahm dan Mu'awiyah. (sebagaimana
diriwayatkan oleh bukhori Muslim dan dcantumkan Imam Nawawi dalam Riyadhus
sholihin bab "Ghibah yang diperbolehkan dan larangan menmgadu domba")

Sahabat Nabi, merupakan gelar yang sangat mulia, dibandingkan gelar-gelar yang
lain di dunia ini. Bahkan Alloh memuji merreka para sahabat dalam banyak ayat:
"radhoiyallohu 'anhum wa rodhuu 'anhu"

Akan tetapi shohabiyah ini bertanya kepada Rasululloh tentang 2 sahabat yang
melamar dirinya. Dan Fathimah bintu Qois tidak bertanya langsung kepada
pelamarnya, kadza wa kadza.
Dalam hal ini kita bisa bertanya kepada kaum kerabatnya, teman-temannya,
gurunya yang mana mereka itu adalah orang yang 'adl sehingga khobarnya dapat
diterima.

Dan tujuan bertanya ini adalah untuk mencari tahu keadaan yang ditanyakan bukan
untuk menguji. Barokallohu fiik.

Semoga Alloh memudahkan urusanmu, barokallohu lanaa

Akhukum fillah
Abu Muslim

dodik suryanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Semoga ini dapat menjadi pertrimbangan bagi ikhwah semua dan saya.
Alhamdulullah ana sudah MENIKAH hampir 2 tahun ini. Terus terang ana ta'aruf
sampai ijab qobul hanya 30 menit. Nasehat Ibnul Qoyyim tentang mencari jodoh
ana merangkunm dari pembahasan beliau:
1. Dalam perjanjian yang agung ini Allah lah yang tau akan masa depan manusia
maka dalam mencari jodoh beliau menasehatkan untuk minta tolong pada Allah agar
diberi pasangan hidup yagng baik dalam artian tidak mendahulukan hawa nafsu
kita. Maka mengenai permasalahan kita perlu tau tentang ciri2 manusia yang
memakai baju taqwa (wa khoiru libas at taqwa)
tentang ciri2 taqwa antum bisa tanya paea para ustadz
afwan Allahu Musta'ain.

--- "Mr. Ng" wrote:

> Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaratuhu
> Perkenankan saya yang sudah S2 (maksudnya Sudah
> Sepuh) ini memberi komentar berdasarkan pengalaman
> saja. Ma'af jika komentar saya tidak "nyunnah"
> karena walaupun sudah S2 masih dalam taraf belajar
> untuk MBA (mencari bekal akhirat)
>
> 1. Proses mencari jodoh tidak seperti proses mencari
> pegawai baru yang harus mengisi formulir, mengikuti
> tes tertulis, wawancara., psikotes dsb.
> 2. Untuk mengetahui keshalihan seseorang bisa saja
> melakukan "investigasi" tapi dengan dengan cara tak
> langsung, misalnya dengan mengetahui orang tuanya,
> [...]

Would you Help a Child in need?
It is easier than you think.
Click Here to meet a Child you can help.
http://us.click.yahoo.com/0Z9NuA/I_qJAA/i1hLAA/TXWolB/TM