Assalamu'alaikum,

Dari Anas, bahwa seorang laki-laki pernah bertanya, "Ya Rasulullah! Di manakah tempat ayahku?" Jawab Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam, "Di neraka!" Maka tatkala orang itu berpaling hendak pergi, beliau memanggilnya, lalu beliau bersabda, "Sesungguhnya bapakku dan bapakmu tempatnya di neraka."
(Hadits Shahih riwayat Muslim juz 1 halaman 132 dan 133).

Dari Abu Hurairah, ia berkata, "Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam pernah ziarah ke kubur ibunya, lalu ia menangis yang menyebabkan orang-orang disekelilingnya (para Shahabat) turut menangis. Lalu beliau bersabda, 'Aku minta izin kepada Tuhanku supaya aku dibolehkan memohon ampun baginya, tapi tidak diizinkan bagiku. Lalu aku minta izin supaya aku dibolehkan menziarahi kuburnya, maka diizinkan bagiku. Oleh karena itu ziarahilah kubur-kubur itu, supaya menziarahi kubur itu dapat mengingat mati'."
(Hadits Shahih riwayat Muslim (3/65), Abu Dawud (no. 3234), Nasa'i (2/72), Ibnu Majah (no. 1572), Baihaqi (4/76), Ahmad, dan Thahawi (3/189).

Dari Buraidah, ia berkata, "Kami pernah bersama
Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam dalam suatu perjalanan/safar, lalu beliau turun bersama kami, sedangkan kami pada waktu itu mendekati seribu orang. Kemudian beliau shalat dua raka'at (mengimani kami), setelah selesai beliau menghadapkan wajahnya kepada kami sedangkan kedua matanya mengalir air mata. Lalu bangkitlah Umar bin Khaththab menghampirinya dan berkata, 'Ya Rasulullah, mengapakah engkau (menangis)?' Beliau menjawab, Sesungguhnya aku telah meminta kepada Tuhanku Azza wa Jalla untuk memohon ampun bagi ibuku, akan tetapi Ia tidak memberi izin kepadaku, maka dari itulah mengalir air mataku karena kasihan kepadanya yang termasuk (penghuni) neraka.
(Hadits Shahih riwayat Ahmad, Ibnu Abi Syaibah, Hakim (1/376) , Ibnu Hiban (no. 791), Baihaqi (4/76) dan Tirmidzi).

Sumber:
Al-Masaa-il (masalah-masalah agama) Jilid 2
Oleh Abdul Hakim bin Amir Abdat
halaman 165-168

wa'alaikumsalam
Said Mirza