assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

ada sedikit hal yang kontradiktif dari pernyataan mas edy. dibilang
islam (al quran dan assunnah) universal dan baku, tp disisi lain
masih ada masalh dengan interpretasi, basa sederhananya masih multi
interpretatif. gimana ini?? solusinya adalah islam dipelajari dengan
pemahaman shahabat, biar ga multi interpretatif, yang ini bener itu
bener tanpa hujjah yang kuat (ini juga ada hujjah yang kuat, silakan
cari)

sedikit curhatan dan pesan ringan.........................
lha kalo saya, yang alhamdulillah -udah melewati masa
aukflarung/enlightmen/ pencerahan dari pergerakan kampus- menuju dan
berada didalam manhaj salaf berpikir, memang kita baru bisa
mengetahui baik dan buruk sesuatu ketika dalil tentang itu ada atau
tidak. hal ini disebabkan karena akal kita seringkali ga
bisa "merespon" sesuatu diluar kemampuan akal. dan dia hanya mampu
merespon apa2 yang sudah diketahui saja. dan kalo demonstrasi itu
dilarang berdasarkan dalil (dan ini ada), kemudian seolah2 kagak
cocok ama jaman sekarang. lha yang bilang gak cocok itu kan akal
kita, karena informasi tentang perubahan tanpa demonstrasi  yang
nyampai ke kita hanya sebatas GAGAL!! lha kalo dalil bilang lain
gmn?? barangkali ada faktor2 lain yang menyebabkan itu dilarang,
yang mana akal kita belom nyampai kearah sana.

lha mas edy ini sebenernya tau kagak ya definisi bid'ah? dan bid'ah
yang kayak gmn yang dilarang agama? bukan sekadar terminologi bahasa
loh mas. trus kaedah dalam beribadah -khususnya amar ma'ruf nahi
munkar- seperti yang mas edy pengen, kalo ga sesuai dengan dua
kaidah pokok (ikhlas karena Allah semata dan i'tiba ama Rasul) gmn??

akhirnya................
karena keterbatasan ilmu yang saya miliki, dan saya cenderung
rasional saya minta maaf yang sebesar-besarnya. dan saya hanya
mengharap, kalo dalil sudah ada tolong "nurut" aja, selama belom ada
dalil lain yang bisa dijadikan hujjah. sedangkan kalo berdasarkan
rasio, saya khawatir akan terjebak pada hal2 yang sebenarnya blom
bisa saya tangkap yang barangkali bertentangan dengan dalil. jika
ada kata2 saya yang kurang berkenan  atau salah, (bertentangan
dengan dalil shahih) ana ikhlas untuk dikoreksi.

selain itu ana berharap, wacana yang dilontarkan mas edy bukan
sebatas wacana2 tanpa tindak lanjut. semoga wacana (mempertentangkan
demonstrasi dengan tanpa demonstrasi) tersebut semakin meningkatkan
semangat kita untuk mempelajari Islam yang haq. Islam yang sesuai
dengan al-quran, assunnah, dengan pemahaman shahabat (supaya "islam"
benar2 universal dan baku, tanpa multiinterpretatif )

afwan kalo ada kesalahan dan cenderung rasional (bukan rasionalis
murni yah).

wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

abu abdurrahman
cahyo seftyono

Edy <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Waalaikum salam Wr.Wb
> Segala puji hanya bagi Allah SWT, dan semoga shalawat dan salam
> tercurah pada nabi Muhammad SAW.Sesungguhnya setiap muslim itu
> bersaudara dan harus mengikuti apa - apa yang telah diturunkan oleh
> Allah SWT dan Rasul Nya
Ana setuju sekali dengan pemahaman bahwa kita harus merujuk kepada Allah dan
Rasulnya.
hukum Allah itu baku dan universal, semua masalah pada masa lalu, saat ini
hingga yaumul akhir nanti semua sudah tertulis di Al-quran dan sunnah Nabi.
Pertanyaannya, bagaimana solusi untuk menegakkan khilafah Islamiyah tanpa
kekuasaan, bagaimana solusi dari manhaj salaf mensikapi krisis multi dimensi
negara ini, sedikit menengok kebelakang pada masa orde baru, dimana
aktivitas dakwah dikebiri oleh penguasa, apapun masalahnya semua ada
jawabannya, hanya masalah interprestasi sja yang kemungkinan tidak sama,
bukankah kita harus saling menolong untuk kebenaran.
karena saya agak heran dimana ada sebagian saudara kita ini menganggap
berpolitik itu bathil, demo2 itu bagian dari kaum jahiliyah dll, apa karena
pada jaman nabi dan sahabat tidak ada, sehingga segala sesuatu yang baru
bisa dikatakan bidah.
pertanyaan saya mungkin sudah pernah didiskusikan, afwan sebelumnya.

http://mail.yahoo.com

In low income neighborhoods, 84% do not own computers.
At Network for Good, help bridge the Digital Divide!
http://us.click.yahoo.com/hjtSRD/3MnJAA/i1hLAA/TXWolB/TM