Assalamu'alaikum...

buat akhi sandy...
pertama  : Luruskan niat...ikhlas semata-mata karena
Allah...berda'wah semata2 untuk menegak-kan kalimat Laa Ilaha
Illaallah...tetap harus diingat adalah yg pertama kali di da'wahkan
adalah perkara TAUHID

kedua     : jangan terpukau dengan jumlah mereka yang banyak. Jumlah
yang banyak tidak akan menyelamatkan kita selama kita berada dalam
jalan-jalan yang tidak Allah ridhoi...

ketiga     : LDK, Rohis atau apapun namanya hanyalah satu dari
sekian banyak sarana da'wah, yang tanpa dengan itupun insyaAllah
da'wah akan dapat tetap berjalan. jadi jikalaupun kita tidak
memiliki perangkat keorganisasian jangan berkecil hati atau menjadi
alasan bahwa da'wah akan terhambat. malah khawatirnya jika kita
lebih mengedepankan harus ada LDK dll...akan membuat kita jatuh ke
dalam jurang hizbiyah...(pernyataan bukan berarti melarang adanya
LDK/badan2 sejenis)

ketiga   : ada baiknya mengikuti saran ikhwan yang lain...mungkin
dengan mengintensifkan da'wah fardliyah akan lebih bermanfaat..dulu
ikhwan2 di UI (mudah2an smpi sekarang) memanfaatkan adanya asrama
mahasiswa UI, jadi mereka bisa door to door, ngajak ta'lim, ngajak
diskusi mahasiswa2 yang baru...dan alhamdulillah ada yang bisa ikut
kajian salafy..akhi mungkin bisa tanya ke Abu Mujahid, Akhi
Murdiyono, Akhi Andi Bangkit, dan ikhwan2 lain mantan penghuni
asrama mahasiswa UI Depok tentang kiat2 dan cara mereka menyebarkan
da'wah salaf di kalangan mahasiswa...sepengetahuan ana sih cukup
berhasil...kalo untuk da'wah ke ikhwan..walau untuk da'wah di
kalangan akhwat sangat sulit dan lambat sekali...(kesimpulan ini
dari yang ana lihat ya!!, sebab ana sendiri tidak kuliah di UI
Depok, ke Depok hanya sekedar mampir untuk kajian saja)

keempat  : soal keberhasilan da'wah dan hidayah semuanya Allah yang
menentukan.jadi jangan kecewa apapun hasilnya. semuanya akan melalui
seleksi alam...ada yang bertahan...ada yang kemudian gugur..ada yang
menentang...ada yang menjegal..itu semua hal yang biasa..., yang
terpenting apa yang kita lakukan sudah dalam koridor yang syar'i...

kelima    : jangan kaget jika mungkin ada hambatan dari harokah lain
(terutama IM dan PKS), target mereka adalah 2009...jadi meraka pasti
akan mengcounter upaya2-yng menurut mereka- akan mengurangi
simpatisan mereka (mungkin termasuk didalamnya adalah berkembangnya
da'wah salafy) dan ini ana rasakan sendiri saat berusaha mengajak
ta'lim teman2 yg di Salemba-yg nota bene adalah basis terbesar IM di
kampus UI. baru dideketin saja...sdh ada counter dari murobbi2
mereka...,menghindar untuk diskusi dsb...

keenam  : harus tetap mengedepankan akhlak pada saat
berda'wah.hilangkan kesan bahwa salafiyyin itu kasar,
kaku.berda'wahlah dengan cara yang hikmah!! jangan sampai Allah dan
rasul-Nya terdustakan hanya karena cara kita yang salah dalam
berda'wah

ketujuh  : hendaknya bersabar dengan ujian yang ada...tetaplah
istiqomah!! hidayah itu mahal akhi dan harus kita jaga.

kedelapan : hendaknya di kalangan ikhwah semua yang sudah ngaji
memperat tali silaturahmi.., saling nasehat-menasehati, saling
menguatkan, saling berkasih sayang...jangan malah saling
menjelekkan...selama ini ana menyaksikan sendiri sudah beberapa
orang yg sudah ngaji akhirnya gugur,..akhirnya futur, akhirnya
kembali ke kehidupan mereka semula. salah satunya mungkin karena
kurangnya ikatan silaturahmi di antara ikhwah yang sudah
ngaji...karena sendirian itu tidak mudah...menjadi orang yang
dianggap asing itu lebih tidak mudah...maka hendaklah saling
menguatkan..apalagi jumlah kita minoritas.....

sekian...semoga bermanfaat..

ummu rufaidah asyirboniyah (L Syawal 1401 H)

dodik suryanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Assalamu'alikum
Buat Akh Sandy, ini adalah pengalaman ana sendiri
selama berdakwah salaf di kampus, Ketika ana masuk
lewat jalur resmi memang susah karena rata2 sudah
dikuasai oleh dakwah haraki. Tentu dakwah yang selalu
dikedepankan adalah dakwah tauhid, kita ndak perlu
mengkritik lansung atau menjatuhkan mereka akan tetapi
tetap membhasw masalah TAUHID secara umum dan kusus.
Awalnya perorang saya datangi ke kost atau di kampus
sesempat mungkin. Tentu kita seleksi yang potensial.
Istilahnya target1, ke2 dan seterusnya. Alhamdulillah
beberapa kali pada acara pembukaan asistensi agama
islam kita bisa curi start Dengan memanggil Ustadz
salaf. Alhamdulillah samapai ssat ini ada bebrapa yang
intens dikampus kita yang belajar salaf. Paling tidak
bukan sebagai penghalang dan musuh.

--- Sandy Buchori <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh!
> Ana butuh saran ikhwan semua kepada ana mengenai
> cara efektif berdakwah di lingkungan kampus. Sedikit
> gambaran saja, kampus ana mungkin hampir sama dengan
> kebanyakan kampus lainnya dimana lembaga dakwah
> kampus dikuasai oleh para ikhwan yang masih
> menggunakan metode dakhwahnya harakiyin. Kampus ana
> sih tidak terlalu parah taklidnya kepada IM,
> kebanyakan mereka hanya terbawa arus sekitarnya
> saja. Senang dengan slogan atau simbol-simbol PKS.
>
> Ana pengen saranin gimana ya ana ngejelasin
> kesesatan dakwah IM. Mengingat sebentar lagi di
> [...]

Would you Help a Child in need?
It is easier than you think.
Click Here to meet a Child you can help.
http://us.click.yahoo.com/sTR6_D/I_qJAA/i1hLAA/TXWolB/TM