From: "Abimanyu" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <assunnah@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, May 31, 2005 2:19 PM
Subject: [assunnah] Hadits Al Haudh - Ashabi

> Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu

wa`alaykumussalam wrahmatullahi wabarakatuh

> [...]
> golonganku, dari umatku".
>
> Tetapi dia kemudian memberikan redaksional yang lain (masih tentang
> Haudh) dari Shahih Bukhari, dari Abu Hurairah dengan
> transliterasi "Ya Rabbi, ashaabi" dengan teks terjemahan menjadi, "
> Ya Tuhanku! Mereka itu sahabatku".
>
> Orang syiah ini menggunakan hadith ini untuk mengklaim bahwa para
> sahabatlah yang pertama kali melakukan kebidahan dan kemurtadan
> karena ujung dari hadits ini berbunyi (terjemahan) "Tuhan
> menjawab: "Engkau tidak tahu apa yang mereka perbuat sepeninggal
> engkau, Mereka surut ke belakang (murtad)."

Definisi "sahabat rasul" oleh para ulama telah di tentukan, yaitu
orang yg hidup dan masuk islam pada zaman Nabi shalallahu`alayhi
wasallam dan bertemu dgn beliau dlm keadaan sbg muslim dan mati sbg
muslim. Itulah definisi shahabat nabi yg hakiki.

Jadi, walaupun ada orang yg masuk islam pada zaman nabi dan bertemu
dgn nabi dlm keadaan sbg muslim tetapi mati dlm keadaan
kafir/murtad, maka orang itu tidak dianggap sbg shahabat nabi karena
tidak termasuk dlm definisi shahabat nabi yg hakiki.

Adapun "shahabat" yg dimaksud Nabi shalallahu`alayhi wasallam pada
hadits tsb bisa jadi adalah orang2 yg memang masuk islam pada
saat beliau masih hidup dan bertemu dgn beliau sehingga beliau
shalallahu`alayhi wasallam menganggap mereka sebagai shahabatnya
karena beliau tidak mengetahui keadaan mereka setelah beliau wafat
yaitu ternyata mereka murtad.

Jadi, orang2 yg "dianggap shahabat"  yg murtad itu bisa saja mereka
adalah orang2 firqoh khawarij yg Nabi sendiri telah menyatakan
bahwa mereka akan keluar dari agama ini seperti lepasnya anak panah
dari busurnya, dan bisa jadi juga orang2 yg murtad itu yg "dianggap
shahabat" oleh Nabi adalah orang2 yg tidak lagi beriman kpd nabi
ketika mengetahui Nabi telah meninggal, dan bisa jadi juga orang2 yg
murtad itu yg "dianggap shahabat" oleh Nabi adalah orang2 yg menolak
membayar zakat sehingga diperangi oleh khalifah Abu Bakar
radhiyallahu `anhu.

Lagipula bukankah yg meriwayatkan hadits tsb adalah shahabat nabi?
betapa bodohnya orang  syi'ah yg mengira bahwa shahabat nabi mau
meriwayatkan hadits yg menghinakan kedudukan shahabat nabi sendiri
padahal yg meriwayatkan itu adalah shahabat nabi juga.

Demikian pendapat saya, wallahu a'lam
tolong dikoreksi jika keliru.

> Tolonglah kiranya memberikan pemahaman kepada saya mengenai hal
ini, > agar bisa menjadi bekal membentengi diri dari subhat yang
mereka lancarkan.

> Jazakumullah khairan katsira.
>
> Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.
>
> Abu Hira (1973)

Would you Help a Child in need?
It is easier than you think.
Click Here to meet a Child you can help.
http://us.click.yahoo.com/sTR6_D/I_qJAA/i1hLAA/TXWolB/TM