wa'alaikum salam waRahmatuLlaahi waBarakatuhu,

akhi Chandraleka,

pemahaman ana --semoga di-cek lagi oleh yang 'alim--,
bahwa :
ana juga tidak selalu berdo'a setelah_salam sholat fardhu,
tapi kalo tepat_sebelum_salam insya Allah dirutinkan baca do'a seperti
berlindung dari fitnah hidup-mati,fitnah kubur dan dajjal,
ditambah do'a-do'a yang dicontohkan Rosulullooh Shollolloohu 'alaihi
wa Salam atau juga dari Qur'an.

sedangkan setelah_salam ana tidak berdo'a kecuali :
- istighfar 3x dan kalimah-kalimah tauhid (Laa hawla wa Laa quwwata
illa billaah dst).
-wirid yang shahih dan sudah dikenal seperti tasbih,tahmid dan takbir,
-baca ayat Kursiy
-baca surat Al-Ikhlas,Al Falaq,An Naas.

ba'da_salam sholat shubuh dan ashar ditambah do'a sayyidul istighfar.

sedangkan hanya di ba'da sholat shubuh, ana baca do'a minta
ditambahkan 'ilmu yg bermanfaat,rizki yang halal dan amal yg diterima.
sebagaimana bisa di-cek masing-masing nomor haditsnya di buku "Do'a
dan Wirid".

karena seingat ana (mohon dikoreksi jika keliru oleh peserta kajian),
bahwa ada ikhwan/akhwat yg bertanya seolah-olah ada kontradiksi antara
 keterangan tidak melazimkan do'a setelah salam dengan keterangan yang
menunjukkan adanya do'a setelah salam (yakni do'a sayyidul istighfar
dan do'a minta ilmu,rizki,amal_yang_diterima dan yang lain).

sedangkan untuk berdo'a mengangkat tangan setelah salam, ana
sangat-jarang sekali melakukannya.
silakan dibaca juga keterangan syaikh Muhammad Shalih al 'Utsaimin
rohimahulloohu tentang hal ini.

mohon dikoreksi pemahaman ana atas pengumpulan dalil dan penjelasannya
tersebut di atas.

walloohu 'alam walhamdulillaahi robbil 'alamin,

wassalamu'alaikum waRohmatulloohi waBarokatuhu

akhukum fillaah,

Abu Muhammad
L : 6 ramadhan 1395

--- In assunnah@yahoogroups.com, "Chandraleka" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamu'alaikum warahmatullah
>
> Mohon dipertegas untuk masalah ini. Saya kira ada dua masalah untuk
berdoa setelah sholat fardhu.

> 1. Hukum berdoa setelah sholat fardhu
> Kalo hukumnya haram, maka adab adab berdoa (spt mengangkat kedua
tangan, dst) tidak perlu dibicarakan.

> 2. Hukum berdoa setelah sholat fardhu dengan mengangkat tangan.
> Kalo hukumnya haram, maka DIMUNGKINKAN berdoa dengan tidak
mengangkat tangan dibolehkan asal ada dalil.

> Mohon penjelasannya, karena saya juga bingung dan selama ini biasa
tidak berdoa setelah sholat fardhu.
> Jazaakallah khoiron.
>
> Chandraleka
> Independent IT Writer

serupa kepada ustadz Yazid Jawwas hafidhahullaahu, ustadz kemudian
menjawab bahwa beliau mengambil keterangan dari fatwa-nya syaikh Ibn
Baz rahimahullaahu, silakan lihat di
> http://www.almanhaj.or.id
> katagori Do'a
>
> ================================
>
> MENGANGKAT TANGAN PADA WAKTU BERDOA SETELAH SHALAT FARDHU.
>
> Syaikh Abdul Aziz bin Baz ditanya : Apakah ada hadits yang
menganjurkan berdoa mengangkat tangan setelah shalat fardhu, sebab ada
orang yang mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam
tidak pernah mengangkat tangan tatkala berdoa setelah shalat fardhu ?

> Jawaban.
> Sepengetahuan saya tidak ada dalil dari hadits Nabi Shallallahu
'alaihi wa sallam maupun contoh dari para sahabat tentang berdoa
mengangkat tangan setelah shalat fardhu. Dan apa yang dikerjakan oleh
sebagian orang berdoa mengangkat tangan setelah shalat fardhu adalah
perbuatan bid'ah berdasaerkan sabda Nabi.

> "Artinya : Barangsiapa yang mengerjakan amal perbuatan yang bukan
dari ajaranku, maka tertolak" [Hadits Riwayat Al-Bukhari]

> Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.
>
> "Artinya : Barangsiapa yang mengada-ada sesuatu yang bukan dari
ajaranku, maka tertolak" [Muttafaqun 'Alaih]