Wa'alaikum salam wa rahmatullah wa barakatuh..

Pertama yang perlu diingat,
Dalam masalah ibadah kita harus berpegang pada dalil. Bila ada perintah Al
Qur'an dan hadits maka kita laksanakan. Bila tidak ada perintahnya maka
tidak perlu dikerjakan.

Kedua,
Adapun dalil yang Anda kutip dari buku "Begini Seharusnya Mendidik Anak"
yaitu

"Tidaklah Anak Adam terlahir melainkan akan diganggu oleh Setan pada waktu
lahirnya sehingga anak berteriak keras karena gangguan itu kecuali Maryam
dan Anaknya"
(Al-Bukhori, 608, 3385; Muslim, 389)

Dalil ini tidak menunjukkan adanya perintah untuk melakukan adzan di telinga
bayi yang baru lahir. Wallahu'alam dengan hadits hadits yang lain. Sayangnya
yang Anda bawakan adalah hanya hadits tersebut.
Bagaimana dengan faidah faidah yang penulis buku bawakan? Jawabnya lihat
pada point pertama. Amalan ibadah dilakukan karena ada perintah.

Ketiga,
Dimungkinkan sang penulis buku "Begini Seharusnya Mendidik Anak" yaitu
Al-Maghribi bin As-Said al- Maghribi, berbeda pendapat dengan para ulama
yang lain. Hal ini menarik untuk kita lihat lebih jauh sebab sebab para
ulama berselisih pendapat :

- Belum sampai hadits tersebut kepadanya
- Bisa jadi hadits telah sampai kepadanya tapi menurutnya tidak shahih
- Bisa jadi hadits telah sampai kepadanya dan dia anggap shahih tapi dia
lupa
- dll
Bacalah tentang masalah perbedaan pendapat diantara para ulama di buku
Raf'ul Malaam anil a immatil a'laam karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah,
terj. Abu Umar Basyir Al Medani, Pandangan Hidup & Kepribadian Ulama Salaf,
Pustaka At Tibyan, Solo.

Wassalamu'alaikum

Chandraleka
Independent IT Writer