Assalamu'alaikum Wr Wb

"Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran
baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin.
Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya
itu, dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu
seburuk-buruk tempat kembali"

(QS. An-Nisa: 115)

Kalau antum cermati kedua hadist yg ada pada kitab Ustad Hakim
tersebut memang diminta merujuk pada kitab : Dla'if Jamiush Shagier
wa Ziyadatihii no. 2314. Faidul Qadir No. 2815.

Rujukan ini hanya khusus utk hadist No. 53 yang tidak ditakhrij'
secara terperinci, tapi sudah cukup bagi kita untuk tidak
menyandarkan hadits ini sebagai dalil. Apalagi setelah kita merujuk
pada hadist no. 54 nanti.

Yang Artinya : Awal bulan ramadlan merupakan rahmat, sedangkan
pertengahannya merupakan maghfirah (ampunan, dan akhirnya merupakan
pembebasan (Riwayat Ibnu Abi Dunya, Abnu Asakir, Dailami dan lain-
lain dari jalan Abu Hurairah)

Sedangkan hadist yg ana lihat redaksinya lebih lengkap daripada
hadits No. 54 yg ditakhrij' secara ringkas sbb :

Artinya : Dari Salamn Al Farisi, ia berkata : Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam pernah berkhutbah kepada kami di hari
terakhir bulan Sya'ban. Beliau bersabda, "Wahai manusia!
Sesungguhnya akan menaungi kamu satu bulan yang agung yang penuh
berkah. Bulan di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu
bulan. Bulan yang Allah telah jadikan puasanya sebagai kewajiban dan
shalat malamnya sunat. Barang siapa yang beribadat di bulan itu
dengan satu cabang kebaikan, adalah dia seperti orang yang
menunaikan kewajiban di bulan lainnya. Dan barang siapa yang yang
menunaikan kewajiban di bulan itu, adalah dia seperti orang yang
menunaikan tujuh puluh kewajiban di bulan lainnya. Dan itulah bulan
sabar, sedangkan kesabaran itu ganjarannya surga ... dan dia bulan
yang awalnya rahmat, di tengahnya maghfirah (ampunan) dan akhirnya
pembebasan dari api neraka. (Riwayat Ibnu Khuzaimah no. hadits 1887
dan lain-lain)

DLA'IF MUNKAR
Sanad hadits ini dla'if karena ada seorang rawi bernama : Ali bin
Zaid bin Jun'dan. Dia ini rawi yang lemah sebagaimana telah
diterangkan oleh Imam Ahmad, Yahya, Bukhari, Daruquthni, Abu Hatim
dan lain². Dan Imam Khuzaimah sendiri berkata : "Aku tidak
berhujjah dengannya karena jelek hafalannya. Imam Abu Hatim
mengatakan : Hadits ini munkar!

Periksalah kitab : Silsilah Dla'ifah wal Maudlu'ah no. 871. At
tagrib wat tarhieb jilid 2 halaman 94. Mizaanul I'tidal jilid 3 hal.
127

Silahkan rujuk kembali pada buku Hadits-hadits Dlai'f dan Maudlu'
karangan Ustad Hakim bin Amir Abdat pada Hal. 89 -91

Barrakallahufeekum
Wasalamu'alaikum

Abu Ghazi

--- In assunnah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuhu
>
> 1.  Ikhwati fillah, adakah yang mengetahui takhrij puasa dibagi 3,
depannya
> ampunan tengahnya rahmat dst (ana gak hafal). Hadits ini disebutkan
dalam
> buku "kumpulan hadits dlaif dan maudlu'" ustadz Hakim. Hanya saja
> penjelasannya diminta meruju' kekitab lain (kl gak salah Dlaif
Jamiush

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/TXWolB/TM