Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuhu,

Saya pernah ambil artikel dari http://www.fatwa-ulama.com tentang
semir rambut berwarna maupun warna hitam, semoga bermanfaat.

Hukum Menyemir Rambut Warna-warni*

Oleh
Syaikh Ibnu Jibrin

*Pertanyaan:*
*Bagaimanakah hukum menyemir rambut dengan warna merah, kuning atau warna
lain? *
 ------------------------------

        *Jawaban:*

Menyemir rambut dengan warna yang bermacam-macam adalah suatu mode yang
sedang trend dan mereka menyebutnya dengan semir. Terkadang anda menemukan
sebagian pelancong wanita dari negara-negara barat tampil di hadapan kaum
laki-laki dengan kepala dan muka terbuka (tanpa kain penutup). Bahkan
sebagian mereka menyemir rambutnya dengan warna merah, sebagian lagi dengan
warna kuning dan sebagian lagi dengan warna biru dan warna-warna lainnya, di
mana hal itu dimak-sudkan untuk memalingkan atau mengundang pandangan serta
menyebarkan fitnah kepada anak-anak muda. Sayangnya kemudian penampilan dan
keburukan tersebut ditiru oleh kaum wanita di negara-negara Arab dan
negara-negara yang pendu-duknya mayoritas muslim, bahkan terkadang suami
mereka memerintahkannya, karena suami mereka melihat para pelancong wanita
dari negara-negara barat yang berpenampilan demikian sangat mempesona
hatinya, sehingga suami mereka merasa senang.

Jika penyemiran rambut seperti itu ditiru juga oleh isteri-isterinya, meski
penyemiran rambut seperti itu dapat memalingkan pandangan yang nakal dan
jahat. Dalam hadits telah dijelaskan mengenai larangan menyemir rambut dan
larangan memakai rambut palsu, di mana dilarang menyemir uban dengan warna
hitam, tetapi boleh menyemirnya dengan warna merah, dan penyemirannya itu
hanya dilakukan dengan pohon pacar dan pohon katam (jenis tumbuh-tumbuhan)
saja. Dengan demikian penyemiran rambut itu diperbolehkan apabila dilakukan
sesuai dengan ketentuan yang ada. Hanya Allah Yang Maha Mengetahui.

*Sumber:*
al-Kanzu ats-Tsamin. Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, penerbit
Darul Haq.

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/TXWolB/TM