Wa'alaikum salam wa rahmatullah wa barakatuh ...

Bermuamalah dengan manusia itu tidak masalah, apalagi dulu pernah kenal
dekat. Ya tetap saja berinteraksi, saling silaturahmi (bersosialisasi).
Jangan diputuskan hubungan persaudaraan tanpa alasan yang syar'i.
Kemudian perlu diingat, apakah teman teman ukhti itu memang banyak yang
ahlul bid'ah ? Saya mengira kebanyakan dari mereka malah masih awam dengan
ilmu. Untuk menetapkan seseorang itu ahlul bid'ah perlu suatu pembahasan
yang dalam dan tidak sembarangan mengklaim seseorang ahlul bid'ah. Perlu
diingat, tidak setiap orang yang melakukan perbuatan bid'ah itu dikatakan
ahlul bid'ah. Contoh, bedug adalah bid'ah, apakah akan kita katakan orang
yang memukul bedug itu ahlul bid'ah?? Tentu tidak, ada pembahasan yang
panjang dalam menetapkan seseorang itu ahlul bid'ah atau tidak.

Saya kira kebanyakan dari mereka masih awam. Malah ini bisa menjadi ladang
amal buat ukhti yang sudah mengenal Salaf untuk memperkenalkan Salaf kepada
mereka. Tetap saja berinteraksi, bersilaturahmi dengan mereka. Sementara itu
ukhti tetap terus mempelajari dan mengaji Salaf. Ukhti bisa menjadi
'penyambung lidah' dakwah Salaf kepada mereka. Suatu saat insya Allah
(karena ukhti masih berinteraksi dengan mereka) mereka akan bertanya
(misalnya) kenapa sih shalat harus begini / begitu? Atau apasih dalil itu?
dst. Nah, inilah ajang buat ukhti untuk menjelaskan Manhaj Salaf kepada
mereka, menolong mereka.

Buktikan bahwa ukhti adalah seorang teman sejati.
Saya doakan juga semoga tetap dalam hidayah dan lindungan Allah.

Wassalamu'alaikum

Chandraleka
Independent IT Writer
Visit http://come.to/digitalworks