Assalamu'alaykum warohmatullohi wabarokaatuh

Afwan ana hanya bisa menjawab pertanyaan nomor 1 saja.
Berikut ini hadits yang menerangkan cara mandi
jinabat.

Hadis riwayat   Aisyah ra., ia berkata:
Adalah Rasulullah saw. jika mandi jinabat, beliau
memulai dengan membasuh kedua tangan, lalu menuangkan
air dengan tangan kanan ke tangan kiri, kemudian
membasuh kemaluan. Setelah itu berwudu seperti wudu
untuk salat lalu mengguyurkan air dan dengan
jari-jemari, beliau menyelai pangkal rambut sampai
nampak merata ke seluruh tubuh. Kemudian beliau
menciduk dengan kedua tangan dan dibasuhkan ke kepala,
tiga cidukan, kemudian mengguyur seluruh tubuh dan
(terakhir) membasuh kedua kaki beliau. (HR. Muslim
475)

Hadis riwayat   Maimunah ra., ia berkata:
Aku pernah menyodorkan air kepada Rasulullah saw.
untuk mandi jinabat. Beliau membasuh kedua telapak
tangan, dua atau tiga kali, kemudian memasukkan tangan
ke dalam wadah dan menuangkan air pada kemaluan beliau
dan membasuhnya dengan tangan kiri. Setelah itu
menekan tangan kiri ke tanah dan menggosoknya
keras-keras, lalu berwudu seperti wudu salat, kemudian
menuangkan air ke kepala tiga kali cidukan telapak
tangan. Selanjutnya beliau membasuh seluruh tubuh lalu
bergeser dari tempat semula dan membasuh kedua kaki
kemudian aku mengambil sapu tangan untuk beliau,
tetapi beliau mengembalikan.(HR. Muslim 476)

Jadi wudlu dan mandi jinabat itu ada satu kesatuan.
Karena di dahului dengan cara wudlu dan diselingi
dengan diguyurnya air dari kepala hingga ke seluruh
tubuh dan ditutup dengan membasuh kaki dengan air,
seperti berwudlu.

Wallahu'alam bishawab.

Wassalamu'alaykum warohmatullohi wabarokaatuh

--- aku lah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum Wr.Wb
>
> Yth Ikhwan milis,
> 1.saya mau tanya apakah setelah kita mandi,kita
> wajib
> wudlu lagi (misal ingin sholat).
> mohon penjelasannya,berikut ayat atau hadistnya...
>
> 2. adakah kajian di kota cirebon?
> thnks bfr.
>

> ttd
> andaikanaku

> Yahoo! Mail - PC Magazine Editors' Choice 2005
> http://mail.yahoo.com

Udah dulu ya!!

Yahoo! Music Unlimited
Access over 1 million songs. Try it free.
http://music.yahoo.com/unlimited/

Click here to rescue a little child from a life of poverty.
http://us.click.yahoo.com/rAWabB/gYnLAA/i1hLAA/TXWolB/TM