assalamu'alaikum warahmatullohi wabarakaatuh

ba'da tahmid washsholawat
pada asalnya hukum mengenai shoum adalah tidak ada yang membatalkannya kecuali
dengan dalil (yg shohih yang dapat diambil hukumnya), jadi mengenai keluar mani
tersebut tidak membatalkan puasa karena tidak ada dalil yang menghukumi
batalnya, sedangkan ada hadits shohih bahwasanya Rasululloh suatu ketika bangun
dari tidurnya sedangkan beliau dalam keadaan junub dan beliau tetap meneruskan
puasanya, tapi tetap wajib mandi bagi orang yang junub pada malam sebelum sahur
untuk melaksanakan sholat shubuh jadi permasalahna tersebut tidak terkait
dengan shaum tetapi hanya terkait dengan permasalahan sholat dan sebagainya.
wallahu'alam
wassalamu'alaikum warahmatullohi wabarakaatuh

Ofiice <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
Assalamu' alaikum Wr. Wb.
Aku mau tanya. Mungkin masalah ini agak tabu bila didengar...
masalahnya gini... saat itu aku kecape'an abis dapet undangn buka puasa bersama
di tempet temen. Dan saking capeknya, abis pulangan dari buka puasa bersama itu
aku ngantuk dan akhirnya tertidur pulas sampai lupa tarawih....
Dan pada akhirnya aku terbangun dari tidurku sekitar jam 2 pagi...
daripada bengong sembari nunggu sahur, aku nonton tv...
nah... setelah sahur sampai imsak aku nonton tv lagi sampai jam 1/2 6 pagi. Dan
saat aku akan mandi... aku ngeliat CD ku ada basahnya dikit...
yang mau saya tanyakan.... apakah puasa saya batal.....?
Mohon pencerahannya.....
Wassalamu' alaikum Wr. Wb.

S.M.J

Apakah Anda Yahoo!?
Lelah menerima spam? Surat Yahoo! mempunyai perlindungan terbaik terhadap spam.
http://id.mail.yahoo.com/

Click here to rescue a little child from a life of poverty.
http://us.click.yahoo.com/rAWabB/gYnLAA/i1hLAA/TXWolB/TM