Assalamu 'alaikum wa rohmatullohi wa barokatuhu

Saya berterima kasih atas pencerahannya mengenai takdir... tapi saya mohon
tanggapan atau koreksinya atas pemahaman saya berikut ini :

Saya meyakini bahwa ketika manusia masih di alam ruh, semua manusia bersaksi
bahwa tiada yang berhak disembah selain Alloh Subhanahu wa ta'ala. Kemudian
Alloh Subhanahu wa ta'ala menguji kesaksiannya (Keimanan) itu di dunia dengan
berbagai ujian yang telah diatur kadarnya oleh Alloh Subhanahu wa ta'ala.
kemudian manusia membuat pilihan dalam menyikapi ujian itu, apakah ia mengikuti
petunjuk Alloh Subhanahu wa ta'ala atau menurut nafsunya.

Maka seandainya manusia itu salah dalam berbuat, lalu Alloh Subhanahu wa ta'ala
menegurnya sesuai dengan kehendak Alloh Subhanahu wa ta'ala sampai batas yang
Alloh Subhanahu wa ta'ala tetapkan. Hingga manusia benar-benar teguh dalam
menentukan pilihan perbuatannya. Yang akhirnya apakah ia selamat atau menjadi
orang yang celaka.

Saya memahami bahwa walaupun kita yang sekarang hidup di dunia ini dan sedang
menjalani ujian Alloh Subhanahu wa Ta'ala. Tetapi dari dahulu pun Alloh
Subhanahu wa ta'ala sudah mengetahui apa yang akan kita perbuat. dan saat ini
catatan takdir semua manusia itupun sudah ada.

Mohon tanggapannya dari Akhi sekalian atas pemahaman saya ini

Jazzakalloohu khoiron katsiiron

Jala Abinoval