Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu,
Alhamdulillah

Setahu ana tradisi sungkeman tsb adalah suatu bentuk penghormatan
kepada orang yg kita anggap lebih "tua" daripada kita atau yg lebih
kita hormati.
Sesungguhnya kewajiban utk menghormati kedua orang tua sudah jelas
dan ma'ruf.
Mengenai adabnya yg harus kita ketahui lagi lebih jauh.
Ini ana kutipkan bagaimana seorang Rasulullah Shallalahu a'laihi wa
sallam, seseorang yg Ma'sum yg telah jelas jaminan surga baginya,
tetap saja bersahaja dalam memandang dirinya dan tetap yg ditinggikan
hanya Allah Azza wa jalla
Apalagi hanya kita yg manusia biasa yg faqir lagi dla'if ini.

Berikut kutipan yg ana ambil dari www.assunnah.or.id sebagai suatu
perbandingan bagaimana sifat Rasulullah Shallallahu a'laihi wa sallam
memandang suatu bentuk penghormatan. Jangankan utk disembah,
dipanggil tuanku saja beliau menolak.
Sedangkan dalam ritual sungkeman tersebut terdapat esensi meninggikan
derajat seseorang dia atas selainnya.
Wallahu 'alam musta'an

Upaya Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam Dalam Menjaga Kemurnian
Tauhid Dan Menutup Segala Jalan Menuju Syirik

Oleh
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab

'Abdullah bin Asy-Syikhkhir menuturkan: "Tatkala aku ikut pergi
bersama suatu delegasi Bani 'Amir menemui Rasulullah
Shallallahu 'alaihi wa Sallam, kami berkata:

"Engkau adalah sayyid (tuan) kita." Maka beliau bersabda: "Sayyid
yang sebenarnya adalah Allah Tabaraka wa Ta'ala." Lalu kami
berkata: "Dan engkau adalah yang paling mulia dan paling agung
kebaikannya di antara kita." Beliaupun bersabda: "Ucapkanlah semua
atau sebagian kata-kata yang wajar bagi kamu sekalian dan janganlah
terseret oleh syetan." (HR Abu Dawud dengan sanad jayyid).

Diriwayatkan dari Anas Radhiyallahu 'anhu, ia menuturkan bahwa ada
orang-orang berkata:

"Ya Rasulullah; wahai orang yang paling baik di antara kita dan
putera orang yang paling baik di antara kita; wahai tuan kita dan
putera tuan kita!" Maka, ketika itu, bersabdalah beliau: "Saudara-
saudara sekalian! Ucapkanlah kata-kata yang wajar saja bagi kamu
sekalian dan janganlah sekali-kali kamu sekalian terbujuk oleh
syetan. Aku adalah Muhammad, hamba Allah dan utusan-Nya. Aku tidak
senang kamu sekalian mengangkatku melebihi kedudukanku yang telah
diberikan kepadaku oleh Allah 'Azza wa Jalla." (HR An-Nasa'i dengan
sanad jayyid)

Kandungan tulisan ini:

Peringatan kepada para sahabat agar tidak bersikap berlebihan
terhadap beliau. Bab ini menunjukkan bahwa tauhid tidak akan sempurna
dan murni, kecuali dengan menghindarkan diri dari setiap ucapan yang
menjurus kepada perlakuan yang berlebihan terhadap seorang makhluk,
karena dikhawatirkan akan menyeret ke dalam syirik.

Orang yang dikatakan kepadanya: "Engkau adalah sayyid (tuan) kita",
seyogyanya menjawab: "Sayyid yang sebenarnya adalah Allah Tabaraka wa
Ta'ala."

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam memperingatkan kepada para
sahabat agar tidak terseret dan terbujuk oleh syetan, padahal mereka
tidak mengatakan kecuali yang sebenarnya.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Aku tidak senang
kamu sekalian mengangkatku melebihi kedudukan (yang sebenarnya) yang
telah diberikan kepadaku oleh Allah 'Azza wa Jalla".

Dikutip dari buku: "Kitab Tauhid" karya Syaikh Muhammad bin Abdul
Wahhab. Penerbit: Kantor Kerjasama Da'wah dan Bimbingan Islam,
Riyadh 1418 H.
Created at 21 March 2004 | Tauhid

--- In assunnah@yahoogroups.com, "Sigiet" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu,
>
> Bagi orang Jawa budaya 'sungkeman' merupakan bagian ritual
> yang tak dapat dipisahkan dari acara-acara tertentu, mis; lebaran /
> pernikahan Disatu sisi muamalah yang 'sunnah' tidak mengijinkan
kita
> melakukan hal tsb.
>
> Adakah ikhwah fillah yang dapat memberikan bahasan akan hal ini ?
Agar

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/TXWolB/TM