Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Afwan
Atas dasar tafsir siapa antum mengatakan orang-orang yg sudah mati
dapat berbicara lagi...
Tafsir Ibnu Abbas radhiyallahu anhu kah , Ibnu Katsir kah atau siapa.
Atau Menurut antum sendiri.., mohon klarifikasi...

Tentang apa yg teman antum ceritakan itu merupakan jelas² dusta atas
nama Allah dan dusta atas nama agama.

Berikut kutipan dari http://www.almanhaj.or.id
Tafadhdhol dirujuk
Wallahul Musta'an

Wassalamu'alaikum

APAKAH ORANG MATI DAPAT MENDENGAR PANGGILAN ORANG YANG MEMANGGILNYA ?

Oleh
Lajnah Daimah Lil Buhuts Al-Ilmiah Wal Ifta

Pertanyaan.
Lajnah Daimah Lil Buhuts Al-Ilmiah Wal Ifta ditanya : Apakah para
wali yang shalih mendengar panggilan orang-orang yang memanggilnya ?
Apa makna sabfda Nabi Shallallahu ?alaihi wa sallam.

?Artinya : Demi Allah sesungguhnya orang yang telah meninggal dari
kalian (di dalam kuburnya) mendengar bunyi langkah terompah kalian??.

Mohon penjelasan !

Jawaban.
Pada dasarnya bahwa orang yang telah meninggal dunia baik yang shalih
atau yang tidak shalih, mereka tidak mendengar perkataan manusia,
sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta?ala.

?Artinya : Jika kamu menyeru mereka, mereka tiada mendengar
seruanmu ; dan kalau mereka mendengar, mereka tidak dapat
memperkankan permintaanmu. Dan di hari kiamat mereka akan mengingkari
kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberikan keterangan kepadamu
sebagaimana yang diberikan oleh Yang maha Mengetahui? [Fathir : 14]

Begitu juga firmanNya Subhanahu wa Ta?ala.

?Artinya : Dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang yang
di dalam kubur dapat mendengar? [Fathir : 22]

Akan tetapi terkadang Allah memperdengarkan kepada mayit suara dari
salah satu rasulnya untuk suatu hikmah tertentu, seperti Allah
memperdengarkan suara Rasulullah Shallallahu ?alaihi wa sallam kepada
orang-orang kafir yang terbunuh di perang Badar, sebagai penghinaan
dan penistaan untuk mereka, dan kemuliaan untuk Rasulullah
Shallallahu ?alaihi wa sallam. Sampai-sampai Nabi Shallallahu ?alaihi
wa sallam mengatakan kepada para sahabatnya ketika sebagian mereka
mengingkari hal tersebut.

?Artinya : Tidaklah kalian lebih mendengar apa yang aku katakana
daripada mereka, akan tetapi mereka tidak mampu menjawab? [1]

Lihat pembahasan ini di kitab ?An-Nubuwat?, kitab ?At-Tawassul Wa-al-
Wasilah? dan kitab ?Al-Furqan?, seluruhnya karya Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyah. Maka kitab-kitab tersebut cukup memadai dalam mengupas
pembahasan ini.

Adapun mayat yang mendengar suara langkah orang yang mengantarnya
(ketika berjalan meninggalkan kuburnya) setelah dia dikubur, maka itu
adalah pengengaran khusus yang ditetapkan oleh nash (dalil), dan
tidak lebih dari itu (tidak lebih dari sekedar mendengar suara
terompah mereka), karena hal itu diperkecualikan dari dalil-dalil
yang umum yang menunjukkan bahwa orang yang meninggal tidak bisa
mendengar (suara orang yang masih hidup), sebagaimana yang telah lalu.

Shalawat dan salam semoga tercurah atas Nabi kita Muhammad
Shallallahu ?alaihi wa sallam, keluarganya, dan sahabat-shabatnya.

[Fatawa Li Al- Lajnah Ad-Da?imah I/151-152 dari Fatwa no. 7366 Di
susun oleh Syaikh Ahmad Abdurrazzak Ad-Duwaisy, Darul Asimah Riyadh.
Di salin ulang dari Majalah Fatawa edisi 7/I/ 1424H]
_________
Foote Note
[1] Hadits Riwayat Ahmad ?dan ini lafalnya- (I/27 : III/104, 182, 263
dan 287), Bukhari II/101 dan Nasa?i IV/110

--- In assunnah@yahoogroups.com, "wirahidin" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dan sekiranya ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itu
gunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh
karenanya ORANG-ORANG YANG SUDAH MATI DAPAT BERBICARA, (tentulah Al
Quran itulah dia). Sebenarnya segala urusan itu adalah kepunyaan
Allah. Maka tidakkah orang-orang yang beriman itu mengetahui bahwa
seandainya Allah menghendaki (semua manusia beriman), tentu Allah
memberi petunjuk kepada manusia semuanya. Dan orang-orang yang kafir
senantiasa ditimpa bencana disebabkan perbuatan mereka sendiri atau
bencana itu terjadi dekat tempat kediaman mereka, sehingga datanglah
janji Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.
> (QS. Ar Ra'd : 31)
>
> Poinnya adalah : orang yang sudah mati dapat bicara kembali.
>
> Masalah saya adalah adanya orang (saudara temen saya) yang meyakini
bisa bicara dengan roh-roh orang yang sudah mati. Misal bicara dengan
roh mbah fulan dengan masuk ketubuh manusia (seperti cenayang).

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/TXWolB/TM