Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Saya baru beberapa bulan ini mengikuti kajian dalam milist Assunah, banyak
sudah ilmu yg saya dapat yg sebelumnya saya belum pernah mengetahuinya secara
langsung, tapi banyak juga jawaban2 atau tanggapan2 dari para Ustaz & Ustazah
dari pertanyaan2 yg diajukan member milist yg tidak mengena di hati saya,
apalagi tentang pembahasan2 hadist yg sohih & dhoif.
jujur saya sebagai seorang yg fakir dlm ilmu Islam masih mempertanyakan apakan
hadist2 yg para Ustaz & member sampaikan itu benar2 hadist yg shohih/ dhoif
atau bukan. Saya dari kecil sampai saat ini melaksanakan ajaran2 Islam dengan
mengikuti contoh2 & keterangan2 baik dr Orang Tua langsung maupun dr guru2
mengaji saya. Tapi sekarang saya malah jadi bingung ????
kenapa, soalnya seluruh amalan & ibadah saya dari kecil hingga saat ini banyak
yang BID'AH (bila mengikuti keterangan2 dr para Ustaz Assunah) seperti :

a. Membaca Do'a Qunut pd waktu subuh (sebab di seluruh masjid di lingkungan
sekitar saya semua memakai Do'a Qunut bila Shalat Subuh).
b. Yasinan pada malam Jum'at di Masjid (masjid seluruh Indonesia hampir semua
membaca Yasin bila Malam Jum'at).
c. Berdo'a setelah selesai Shalat.
d. Mengikuti Imam membaca surat Al Fatihah setelah selesai shalat Jum'at, atau
shalat Fardhu lainnya.
e. Mengangkat kedua tangan bila sedang berdo'a.
f. dll.

Yang saya mau tanyakan, kenapa semua ibadah2 tersebut telah di VONIS sebagai
BID'AH ??? padahal kita tahu hampir seluruh umat muslim & masjid di Indonesia
melakukan amalan ibadah tersebut di atas.

Demikian sekelumit gundah saya, untuk ustaz & ustazah, mohon tulisan saya ini
mendapat tanggapan yg serius.

Wassalamua'alaikum,

Hans

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/TXWolB/TM