Ass.wr.wb
Ana mau tanya tentang waktu mengerjakan sholat isya. Saya pernah baca :

Dari Abu Hurairoh RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda: "Kalaulah tidak
memberatkan umatku, aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak (menggosok
gigi) setiap kali wudhu dan aku akan mengakhirkan sholat Isya sampai sepertiga
malam atau setengahnya. Dan apabila telah berlalu sepertiga malam atau
setengahnya. Alloh SWT turun ke langit dunia, Dia pun berfirman: "Barang siapa
yang berdo'a pada-Ku, Aku akan mengabulkannya. Barang siapa yang minta pada-Ku,
Aku akan memberinya dan barangsiap yang memohon ampunan pada-Ku, Aku akan
mengampuninya. Adakah orang yang bertaubat sehingga pasti Aku menerima
taubatnya" (HR Ahmad/ Al-Irwa 2/197)
Dari Humaid RA, ia berkata: Anas RA ditanya: "Apakah Nabi SAW memiliki cincin?
Anas menjawab: "suatu malam Rasulullah SAW mengakhirkan sholat Isya sampai
pertengahannya. Kemudian beliau menghadap ke arah kami dengan wajahnya
seakan-akan aku melihat kilauan cincinnya. Beliau bersabda: "Sesungguhnya
manusia sudah sholat dan tidur dan sesungguhnya kalian masih dalam sholat
(mendapatkan pahalanya) selama kalian menunggu sholat" (HR Bukhori 5869. Muslim
640)

Ibnu Hajar dalam fathul Bary menyatkan bahwa hadit-hadit tersebut menunjukan
bahwa orang mampu mengakhirkan sholat Isya dan tidak dikalahkan oleh rasa
kantuk dan tidak memberatkan kepada para makmum, maka yang lebih utama baginya
adalah mengkahirkan sholat Isya. (Fathul Bary 2/48)

Bagaimanakah derajat hadits tersebut dan shahihkah mengakhirkan sholat isya
lebih utama?

Jazakallah

Yahoo! Shopping
Find Great Deals on Holiday Gifts at Yahoo! Shopping

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/TXWolB/TM