Mohon pencerahan.... saya sebentar lagi mempunyai anak dan saya ingin agar anak
keturunan saya selalu memegang teguh nilai2 agama Islam. Namun saya berpendapat
bahwa akan semakin mudah untuk menanamkan nilai2 agama kepada anak apabila bisa
menanamkan pemahaman mengenai fungsi/kegunaan/benefit agama. Ibaratnya, orang
akan selalu berusaha untuk menjaga kebersihan pakaiannya karena sadar akan
benefit dari pakaian tsb.

Berdasarkan pemahaman saya, manusia itu penuh dengan kekurangan2 dan banyak
sekali keinginan manusia yg tidak bisa tercapai karena kekurangan tsb.
Contohnya, banyak orang yg ingin mempunyai mobil bagus, rumah besar, keluarga
yg harmonis, badan yg sehat, jabatan yg tinggi, dihormati oleh orang banyak,
dsb. Tetapi pada kenyataannya, tidak atau malah semua keinginan tsb sama sekali
tidak kesampaian.

Di sinilah peranan agama, karena semua kekurangan manusia akan bisa ditutupi
dengan agama. Wilayah2 yg menjadi kekurangan manusia ditutupi dengan agama.
Dengan agama, idealnya akan dapat dicapai manusia sempurna (syamil).

Mohon pencerahan dalil2 mengenai fungsi agama spt ilustrasi di atas atau adakah
pemahaman yg sahih dari ulama salaf tentang fungsi agama.

Jazakallahu khoiron katsiro

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/TXWolB/TM