Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh,

mohon pendapat dari para sahabat, bila perlu sekalian dalilnya.

1. Bagaimana sikap kita jika mendapat undangan dari non muslim yang bukan dari
golongan ahli kitab. Apakah kita perlu tolak secara halus, ataukah kita
disunnahkan untuk memenuhi undangan tsb. walaupun mereka dari golongan non
kitabiyah ?

2. Saya juga sering mendapat undangan bakar-bakar di waktu musim panas. Seperti
biasa, saya bilang kepada mereka bahwa saya tidak makan babi, dan mereka
bersedia menyediakan daging yg bukan babi. Tapi dikarenakan acara grill-nya
mereka biasanya daging 2 tsb. dibakar di tempat yang sama, bagaimana sebaiknya
dilakukan, selama ini saya selalu bilang kepada mereka kalo acara bakar-bakar,
saya mau bawa alat bakar saya sendiri, biar tidak tercampur dgn daging mereka.
Dan sepertinya mereka agak tersinggung. Dan jikalau saya tidak bawa alat
sendiri, saya merasa berdosa jika saya memakan daging tsb (walaupun bukan
babi), tapi dikarenakan cara mbakarnya di satu tempat, alias berjejeran. Dan
jikalau saya tidak memakannya, mereka juga tersinggung. Jadi, sikap yang
bagaimana sebaiknya saya lakukan, yang tidak menyalahi agama, tapi juga tidak
membuat keributan/kerusuhan dgn. tetangga/teman non muslim saya.

Atas perhatian dan bantuannya jazakumullahu khairan katsiiiran.

Wassalaamu 'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.