Wa'alaikum salam .....
Ini satu email yang terlewat. Saya coba memberikan sharing pendapat semampu
saya, semoga Allah pun berkenan menolong saya suatu saat.

Ada baiknya ibu coba hubungi lagi pada waktu yang menurut ibu dia (suami
ibu) tersebut sedang tidak banyak pikiran. Jadi coba hubungi pada saat
moment yang dia sedang tenang. Kalau sekarang mungkin tensi nya sedang
tinggi tingginya.

Bila tidak bisa juga, mungkin ibu perlu bantuan pihak lain (orang ketiga)
yang dia percayai atau dia hormati. Ibu bisa menghubungi bapaknya / ibunya,
jelaskan permasalahannya dengan jelas. Saya kira bapaknya / ibunya insya
Allah bisa paham. Apalagi ini untuk kepentingan masa depan cucunya agar bisa
punya akte kelahiran. Seorang kakek / nenek biasanya akan sangat sayang
dengan cucunya melebihi para orang tua dari si bayi tersebut. Ini menurut
pengamatan saya.

Yah, cuma ini yang bisa saya bantu. Dan doa.
"Ya Rabb Yang Bersemayam Di Atas Arsy, mudahkanlah urusan ibu ini." Amiin.

Wassalamu'alaikum