On 4/8/06, agrd_sn <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalaamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Wa 'alaikumus salaam warahmatullahi wabarakaatuh,

> Ana mau tanya mungkin diantara antum ada yang tau,

2. Ana rencananya akan memilih Departemen Ilmu Komputer di salah
> satu PTN, namun yang ana bingung adalah apakah nanti ketika bekerja
> jurusan ini diharuskan memakai dasi pada saat kerja kantoran. Emang
> sih, ada celah juga untuk berwirausaha sendiri melalui jurusan ini
> tapi saya ingin mengetahui lebih lanjut dari kakak2/bpk2 yang kira
> tau dalam masalah ini.

Hal ini akan terkait dengan kebijakan tempat kerja dan kemampuan antum
meyakinkan atasan antum. Jangan lupa masalah seperti isbal. Ada ikhwan yang
dicurigai aliran macam-macam karena celananya tidak isbal. Ana juga sempat
dikomentari sama teman-teman tapi alhamdulillah seiring waktu hal itu
mereda.

Terkait masalah bidang ilmu komputer, jika antum berminat bekerja sebagai
profesional di bidang teknologi informasi, biasanya aturan pakaian relatif
longgar dan lingkungan kerja lebih informal. Namun mungkin muncul masalah
lain seperti musik. Antum mungkin perlu beri pengertian. Pengalaman ana,
rekan-rekan kerja ana tahu ana tidak suka mendengarkan musik jadi mereka
mematikan musik atau menggunakan earphone jika ada ana.

Mungkin juga antum berminat di bidang akademik, biasanya juga tidak terlalu
ketat. Kebetulan latar belakang ana di ilmu komputer dan sekarang bekerja di
bidang akademik. Biasanya ana ke kantor pakai baju koko dan tidak
dipermasalahkan. Namun lagi-lagi masing-masing tempat kerja punya lingkungan
yang berbeda.

Di samping usaha kita untuk beramal juga jangan lupa untuk berdo'a kepada
Allah 'Azza wa Jalla agar dipermudah oleh-Nya dalam upaya istiqamah
menegakkan Sunnah.

Sesungguhnya al-Islam adalah as-Sunnah dan as-Sunnah adalah Islam; tidaklah
tegak satu di antara keduanya kecuali dengan yang lainnya (Syarhus Sunnah,
al-Imam al-Barbahari).

Wassalaamu 'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,
--
Ahmad Ridha ibn Zainal Arifin ibn Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)