Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

sebenarnya nggak harus milih teknik komputer atau informatika kalo memang
kepingin di bidang komputer.
Jurusan elektro adalah yg paling mirip dg informatika. Dan passing grade nya
bersaing dg informatika

Jurusan matematika juga mirip dg informatika. Dan passing grade nya nggak
sebesar informatika

Kalau nggak percaya, coba buka univ. di luar negeri untuk jurusan computer
science atau engineering.
Salah satu requirement nya adalah jurusan komputer atau matematika untuk S1 nya

Dan kalo untuk nguasai IT, saya pikir nggak harus memaksa ke informatika.
Karena hacker pembobol KPU pun adalah lulusan mahasiswa hubungan internasional
di salah satu universitas swasta di jogja. Dan banyak hacker di seluruh dunia
yg bukan lulusan IT. Dan banyak sekali pembuat program di LN yg basicnya bukan
komputer, tapi hanya engineering. Karena semua bidang engineering larinya akan
ke matematika dan pasti butuh pemodelan yg notabene membuat program di komputer.

Di ITS ada 3 major ttg komputer (S1)
1. Jurusan informatika
2. Jurusan sistem informasi
3. Jurusan elektro

Ke 3 nya membuka ekstensi.

Untuk yang D3:
1. Politeknik Elektronika ITS (ada program D4)
2. D3 Computer control
3. D3 Elektro

Khusus untuk poltek ITS, sudah menang lomba kontes robot tingkat dunia
berturut2. Bahkan S1 ITS maupun ITB kalah Dan memang ada kerjasama dg
JICA-Jepang

Maaf, kalau memang sangat ingin dan orang tua punya duit, kenapa nggak sekalian
sekolah ke jerman. Di jerman sekolah itu GRATIS Syaratnya ya nguasai bhs
jerman. Dan tentunya akan ada tes masuk universitas. Selain itu, banyak orang
indo di sana. Insya Allah biaya totalnya hampir sama (bahkan lebih rendah)
ketimbang harus masuk ekstensi UI.
Di jerman, kuliah hampir semuanya gratis (kaluapun mbayar, sangat kecil
sekali), transportasi gratis, dan biaya hidup lumayan murah ASAL mau bekerja.
Kalau mau bekerja insya Allah dapat kerja

Masalah budaya di eropa asal bisa menjaga diri dan selalu dekat dg masjid,
insya Allah aman. Apalagi kalau bisa bhs arab, insya Allah lebih aman lagi.

Allaahu A'lam,

hanif

T. Sipil ITS (2000-2004)