Assalamu'alaikum,

maaf kalo begitu, manakah yang lebih diutamakan rasul(Muhammad),
Puasa Senin - Kamis, Atau puasa 3 hari dalam satu bulan..??

Mohon pencerahannya...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
---

Naufal  (18/04/2006  11:02 AM):

>wa'alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh

antum antunna, mohon bantuannya ya...

>Hadis riwayat Abdullah bin Amru bin Ash radhiyallahu'anhuma, ia berkata:
Rasulullah shalallahu'alayhiwasallam dikabarkan bahwa aku pernah berkata akan
selalu salat qiyam, akan berpuasa pada siang harinya sepanjang hidupku.
Kemudian Rasulullah shalallahu'alayhiwasallam bertanya: "Betulkah engkau pernah
bilang demikian?" Aku menjawab: "Betul, aku pernah mengatakannya, wahai
Rasulullah." Rasulullah shalallahu'alayhiwasallam bersabda: "Sungguh engkau
tidak akan mampu melakukan yang demikian. Oleh karena itu berpuasalah dan juga
berbukalah. Tidurlah dan bangun malamlah. Berpuasalah tiga hari dalam setiap
bulan. Sebab, satu kebajikan itu nilainya sama dengan sepuluh kebajikan. Dan
yang demikian itu (puasa tiga hari dalam tiap bulan) nilainya sama dengan puasa
satu tahun." Lalu aku katakan kepada Rasulullah shalallahu'alayhiwasallam :
"Tetapi aku mampu berbuat lebih dari itu." Beliau bersabda: "Berpuasalah sehari
dan tidak puasa dua hari." Aku katakan kepada beliau: "Tetapi aku mampu berbuat
lebih dari itu." Rasulullah shalallahu'alayhiwasallam bersabda: "Jika begitu,
berpuasalah sehari dan berbukalah sehari, itu adalah puasa nabi Daud
alayhissalam dan itulah puasa yang tengah-tengah." Kemudian aku berkata:
"Sungguh aku mampu berbuat lebih dari itu." Rasulullah
shalallahu'alayhiwasallam bersabda: "Tidak ada yang lebih utama dari itu."
Abdullah bin Amru radhiyallahu'anhuma berkata: "Aku terima tiga hari
sebagaimana yang dikatakan Rasulullah shalallahu'alayhiwasallam adalah lebih
aku sukai dari istri dan hartaku." [HR. Muslim]