Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh,

Sebenarnya saya lagi menunggu jawaban dari saudara2 seiman tentang pertanyaan
sdri Nena, karena kata2 musyrik, munafik, muslim, mukmin dan juga fasik,
syirik, taqwa, kafir dan yang lainnya adalah kata yang merupakan gelar yang
diberikan Allah Swt kepada manusia menurut kriteria masing2. Kata2 ini adalah
kata2 yang sangat mendasar dalam agama Islam, sangat sering kita dengar dan
kita ucapkan (terutama kalau membaca Alqur'an) tapi bagi kita yang masih awam
terutama saya, makna yang dimaksudkan oleh Allah Swt masih samar2. Tapi bagi
saudara2 kita yang yang lebih alim (berilmu) dan menguasai bahasa Arab yang
baik tentu lebih tahu. Apalagi untuk hakikat (makna yang sebenarnya) dari kata2
tsb kalau diterangkan secara detail mungkin tak cukup satu dua halaman kertas.
Sebagai bayangan buat sdri Nena, saya akan mengartikan kata2 tsb secara bahasa
yang saya tahu, meskipun tidak sesuai seperti apa yang sdri Nena maksudkan atau
tanyakan. Untuk lebih jelas coba sdri Nena lihat di Alqur'an terutama di surah
At Taubah (9) disitu diterangkan tentang ciri2 dan sifat2 orang musyrik dan
munafik.
Menurut yang saya tahu muslim adalah orang yang beragama Islam (umat Nabi
Muhammad Saw) sedangkan mukmin adalah orang Islam yang 'beriman'.
Musyrik adalah orang kafir yang menghalangi dan memerangi umat Islam.
Munafik adalah pengkhianat, pendusta, pengecut dan sejenisnya.

Jazakumullah,
Alvisyahri

Sent by: Nena Mattewakang <[EMAIL PROTECTED]>
                                            To: assunnah@yahoogroups.com
Subject: [assunnah] Tanya: perbedaan musyrik & munafik
05/24/06 03:20 PM
Please respond to assunnah@yahoogroups.com

Assalamu'alaykum,

Apa perbedaan antara orang musyrik dengan munafik, orang muslim dengan
mukmin?

Mohon penjelasannya.

Jazakumullah,
Nena

Get to your groups with one click. Know instantly when new email arrives
http://us.click.yahoo.com/.7bhrC/MGxNAA/yQLSAA/TXWolB/TM