Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh

Syukron atas semuanya.tanggapan, saran, nasehat dan info penerbit
buku2 salaf yang telah diberikan.
begitu juga dengan analogi dokter dan pasien itu.sangat mengena buat
saya. tapi insya Allah pertanyaan saya yang lalu itu bukan bermaksud
untuk hanya berusaha menghindar dari mengamalkan ajaran agama.
tapi saya hanya ingin menghilangkan keraguan dalam diri saya serta
ingin memperbaiki agama saya.
Semoga kita semua selalu terhindar dari was was.
Jazakumullah Khairon...
Alivia F.

--- In assunnah@yahoogroups.com, "vivadivas" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum warahmatullah Wabarakaatuh
>
> selama ini saya belajar dengan membaca buku2 salaf, itupun karena
info dari teman2 juga (mana penerbit yg baik dan mana penerbit yg
tidak baik), jadi saya masih belum bisa memilih sendiri mana yang
baik. hal ini dikarenakan saya belum bisa membedakan mana yang shahih
dan tidak, saya juga belum bisa baca dan memahami urutan2 dan
periwayatan. selama saya baca buku2 salafy (yg infonya dari teman
salafy juga), saya hanya percaya dan ngikut aja. selama di buku itu
ada keterangan seperti : hadist ini shahih atau hasan. dan saya
tinggalkan hadist yg mengatakan dhaif/lemah.
> kemudian timbul pertanyaan dalam hati:
> Bagaimana jika saya dapat info buku yg salah. dan didalamnya
terdapat keterangan bahwa hadist itu shahih. padahal yang sebenarnya
tidak.
> sebagai orang masih awam, bagaimana saya harus percaya dan tidak?
> apalagi kalau ada keterangan seperti : lihat kitab ini dan itu..
> bagaimana saya harus percaya, karena saya tidak bisa mengecek
sendiri kebenarannya dikarenakan saya tidak memiliki kitab2 tersebut.
> mungkin saat ini saya masih beruntung dikarenakan info dari teman
itu benar. tapi jika suatu saat, ada buku (salafy) yg tidak sengaja
ada kesalahan redaksional ttg suatu hadist, apakah saya harus percaya
begitu saja.. karena mengingat buku itu biasanya benar.

> selain itu, saya juga kebingungan menjawab pertanyaan adik dan
teman, jika saya memberi suatu file.. dan mereka bertanya : yg
mengatakan shahih ini orang mana dan siapa?

> Afwan jika pertanyaan saya ngawur, rasa bingung ini mengganggu
sekali.
> jadi mohon penjelasan dan nasehatnya. terutama agar saya bisa
mempercayai keshahihan hadist tanpa selalu mengandalkan info dari
teman itu.

> Wassalamu'alaikum
> Alivia F.

Home is just a click away.  Make Yahoo! your home page now.
http://us.click.yahoo.com/DHchtC/3FxNAA/yQLSAA/TXWolB/TM