Assalamualaikum .. akhi ..

sebelumnya kalau boleh tahu antum mengatakan masih kurang ikhlas
dalam beribadah, kalau tak keberatan saya ingin tahu apa yang membuat
antum berkata dan merasa seperti itu? adapun jawaban dari saya
mengenai pertanyaan antum.

1. Antum coba tunjukan dengan prilaku antum sendiri bahwa antum
menjalankan ibadah dengan baik, dan antum harus perlihatkan kepada
mereka bahwa antum mengutamakan ibadah kepada allah dibandingkan
urusan duniawi antum .. misalkan ketika antum sedang keluar bersama
keluarga antum .. di jalan antum berhenti minta ijin untuk
melaksanakan sholat, dan sekalian tanyakan orang tua antum mau ikut
sholat tidak ? .. dan juga ketika sedang santai, suasana baik, antum
coba ajak diskusi dengan orang tua antum .. kalau bisa antum juga
bawa tulisan tulisan atau poster ke rumah yang isinya nasehat nasehat
tentang keutamaan sholat, atau hukuman orang yang tidak sholat ..
kayaknya banyak deh... atau belikan beliau buku yang simple tentang
sholat. dan paling akhir berdo'a kepada Allah agar orang tua antum
diberikan kelapangan hati untuk mendapatkan hidayah

2.BTW .. SIAPA yang antum maksud orang pintar ???! ana kurang paham ?
apakah dukun ? kalau itu mah jelas syirik akh ! dan diharamkan untuk
melakukannya "janganlah engkau berdoa kepada yang selain Allah yang
tak dapat memberikan manfaat dan bahaya, apabila kalian melakukannya
niscaya kalian menjadi orang-orang yang merugi (QS Yunus 106). adapun
kalau yang antum maksud orang pintar itu adalah ulama atau orang
sholih (bertauhid,bertaqwa) yang mengetahui dengan benar Qur'an dan
Sunnah dan masih hidup maka tidak apa.. sebagai contoh ketika ada
seorang terkena musibah dan sakit dan dia meminta seorang shalih
untuk membantu doa kan kepada Allah agar diringankan oleh Allah
sakitnya,atau diberikan kesembuhan.. maka hukumnya boleh. Dalilnya
perbuatan sahabat yang mendatangi Rasulullah untuk di do'akan .dan
juga Umar bin Khaththab Radhiallaahu anhu yang mengabarkan beliau
bertawasul kepada al-Abbas.

3.ana kurang paham maksud antum ..apakah antum menanyakan apakah
hidup antum masih menjadi tanggu jawab orang tua? apakah tanggung
jawab ini berkaitan masalah amal perbuatan ? apakah materi ? intinya
dalam pandangan ana orang tua tentunya tetap punya tanggung jawab
untuk tetap mengarahkan dan menjaga anaknya beristiqomah kepada Islam
dan tidak menyimpang .. yaitu dengan mendidiknya sewaktu kecil, dan
juga tetap mengingatkannya ketika sudah dewasa apabila si anak
melakukan hal hal yang menyimpang .. adapun tannggung jawab amal ,
setiap manusia yang sudah baligh akan mempertanggung jawabkan amalnya
sendiri sendiri di hadapan Allah.

semoga membantu ..Wallahu a'lam

--- In assunnah@yahoogroups.com, agus purwanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum Wr. Wb
>
> langsung saja pada permasalahan yang saya hadapi.
> saya adalah anak ketiga dari tiga bersaudara, semua anggota
keluargaku tidak ada melaksanakan Ibadah. hanya saya (Maaf bukan
bermaksud riya') yang melakukan sholat, walau itu kadang - kadang
saya masih kurang ikhlas dalam menjalankannya.
> yang ingin saya tanyakan adalah :
> 1. Bagaimana cara untuk mengajak sholat kedua orang tua saya, tanpa
melukai atau menyinggung perasaannya?
> 2. Apakah tidak musyrik bila saya minta doa pada kiyai atau
orang "Pintar" agar orang tua saya mau melakukan sholat.
> 3. Saya seorang Bujangan yang sudah berusia 24 tahun, saya
kehidupan saya masih menjadi tanggung jawab orang tua?
> demikian keluhan saya, mohon saran dan arahannya.

Check out the new improvements in Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/Lik1AB/fOaOAA/i1hLAA/TXWolB/TM