Saya ingin menjawab salam saudara dengan wa 'alaikumussalaam wa  rohmatullohi
wa baro kaatuh. Jika membahas penulisan, abbrevation salam  menjadi bahasan,
adakah sudah benar penulisan salam yang kita lakukan  dengan hurup latin ini.
Apakah sebaiknya kita gunakan font arabic  sekalian untuk menghindari
kesalahan. Yang paling penting, adakah  dibenarkan menulis dengan selain hurup
arab? Saya yakin ada bahasan  ulama salafi mengenai hal ini. Saya sungguh
merasa kagum, bahkan  tentang sepak bola, ada bahasannya, apalagi masalah
ibadah.

Wassalaamu'alaikum

luluan_m <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
assalaamu'alaykum wa rahmatulloh.

alhamdulillah, ash-sholatu was-salaamu 'ala rasulillah.

subhanalloh, bagaimana mungkin ada amal dalam islam yang sepele?!
apalagi yang dituduhkan itu adalah pengucapan salam sementara ia
adalah amalan terbaik dalam islam?!

artinya: "bahwasannya seseorang bertanya kepada Rasulullah -
shallallahu 'alayhi wa sallam-: 'amalan apakah yang terbaik dalam
islam?' Rasulullah menjawab: 'memberikan makanan dan mengucapkan
salam kepada yang kau kenal maupun yang kau tidak kenal.'" (HR.
Bukhari, Muslim)

dan Alloh berfirman dalam surat An Nissa' ayat 86: artinya: "Apabila
kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka
balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau
balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah
memperhitungankan segala sesuatu."

bila dilihat kata "penghormatan" pada terjemahan Al Qur'an (punya
ana yang keluaran arab saudi) terdapat footnote yang menyatakan
bahwa penghormatan yang dimaksud adalah "assalamu'alaykum". maka
membalas penghormatan itu adalah dengan menjawabnya
wa'alaykumussalaam, atau dengan warhamtullah dan atau dengan
wabarakatuh. bahkan ada riwayat yang shahih menyatakan ditambah pula
dengan wamaghfiratuh (HR. Muslim). wallahua'lam. (Jadi pantas saja
kalau ada yang marah ketika salamnya lewat sms tidak dibalas karena
siapapun layak dihormati)

dan marilah kita renungkan kalimat terakhir ayat tersebut bahwa:
SESUNGGUHNYA ALLAH MEMPERHITUNGKAN SEGALA SESUATU. sehingga tidaklah
pantas bagi siapapun menyepelekan perihal salam ini (pada khususnya
bila dilihat dari zhahir ayat tersebut) bahkan menyepelekan apapun
dalam islam ini (pada umumnya). wallahua'lam bis-showab.

masalah menyingkatnya... subhanalloh... cukuplah nasehat dari
seorang ikhwan yang berkata: bagaimana mungkin kita menulis sekian
banyak kata untuk kita sampaikan tetapi menyisakan sedikit untuk
mendoakan?!

subhanakallahumma robbana wabihamdika, allohummaghfirli.

wassalaamu'alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh,
luluan m

--- In assunnah@yahoogroups.com, Saat Bedan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Hal yang begini terkadang menjadi tanda tanya kepada diri saya
sendiri. Pengalaman saya menerima SMS teman  dari Indonesia, seperti
Assalamu'alaikum. Saya tidak menjawab wa'alaikumsalam secara
bertulis, saya langsung menulis soalan yang diajukan kepada saya.
Teman saya menjadi marah kerana tidak menjawab salam nya. Saya pun
mengatakan kepadanya bahwa apabila saya menerima SMS dari tuan saya
langsung menjawab nya dari hati saya. Bukan kah yang menyampaikan
salam kita itu adalah malaikat yang senantiasa berligar ligar
sebagai penyambung(network) sesama muslim walau dimana kita berada.
Kita sama2 maklum,  apabila kita menziarah kubur, kita disunnahkah
memberi salam kepada ahli kubur. Sedangkan ahli kubur semua nya
sudah berada dialam barzah. Maka para malaikat lah sebagai
penyampainya.Kendati pun tidak tidak ada larangan untuk membalas
salam dengan tulisan. Penulisan seperti ass.wr.wb atau penulisan
kalimat sholallahu 'alaihi wasallam (SAW), dll. Saya kira ini adalah
soal
> sepele, kerana mayoritas muslim sudah pun faham
akan "abbreviation" tersebut. Namun hal sebegini kita harus
mengambil pertimbangan yang wajar. Ini hanya lah pendapat saya,
sekiranya ada hujjah dari Al Quran dan Hadis Nabi sebagai pemutusnya
adalah lebih baik. Terima kasih.

> Sandy Buchori <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh!
> Apa ada yang punya artikel pembahasan tentang hukum menyingkat
salam dalam penulisan, seperti ass.wr.wb atau penulisan kalimat
sholallahu 'alaihi wasallam (SAW), dll. Tolong kirimkan ke ana jika
antum punya.
> Jazakumullah khairan katsiran

Everyone is raving about the  all-new Yahoo! Mail Beta.

Yahoo! Groups gets a make over. See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/XISQkA/lOaOAA/yQLSAA/TXWolB/TM